logo blog

6 Januari 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mengeluarkan Suara

Penyebab komputer tidak mengeluarkan suara dikarenakan terdapat error antara hadware dan sofware. Kualitas suara juga akan berbeda jika tidak menggunakan driver yang tepat. Terkadang pada sistem windows terbaru tidak perlu lagi melakukan instal driver untuk soundcard karena sudah terdeteksi secara otomatis. Namun ada baik anda melakukan re-install driver agar sesuai dan lebih kompatibel dengan jenis soundcard yang tersemat pada mainboard.

Pada setiap jenis mainboard terdapat soundcard yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Merk chipsetnya bisa berbeda. Anda bisa melakukan searching di internet tentang spesifikasi mainboard yang anda pakai. Jika mainboard anda hanya support dengan sistem windows yang lama seperti windows XP maka driver yang dipakai tentunya akan support untuk sistem tersebut. Ketika anda mengganti sistem yang terbaru seperti windows 7,8 atau 10 maka pada dasarnya semua hadware didalamnya tidak akan berjalan secara normal.


Penyebab Suara Tidak Keluar

Terdapat hal sepele yang perlu anda ketahui mengapa suara tidak dapat muncul. Seperti pada jendela dekstop dikanan bawah yang terdapat icon suara terdapat tanda seperti forboden yang menandakan bahwa speaker dalam keadaan mute. Bisa juga terdapat icon suara tidak aktif karena anda harus menancapkan jack terlebih dahulu baru kemudian suara akan aktif dengan sendirinya.

Terdapat hal lainnya yang menjadi penyebab suara tidak muncul seperti yang saya jelaskan dibawah ini :

  1. Driver soundcard belum terinstal pada sistem
  2. Menggunakan 2 soundcard Eksternal dan Onboard (matikan soundcard onboard terlebih dahulu melalui BIOS).
  3. Driver hilang terinfeksi virus.
  4. Soundcard sudah mengalami kerusakan.
Untuk mengatasi suara yang hilang pada komputer tentunya yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Instal driver sesuai dengan merk dan kompatibel dengan versi sistem windows.
  2. Pastikan pada BIOS bahwa setelan soundcard sudah aktif alias enable.
  3. Lakukan update antivirus jika itu penyebabnya.
  4. Jika soundcard onboard mengalami kerusakan belilah souncard PCI dan kemudian tancapkan pada slot mainboard yang tersedia. Dan kemudian instal drivernya.
Untuk melihat apakah kartu suara (soundcard) bermasalah anda bisa melakukan klik kanan pada icon my computer yang kemudian anda cari Device Manager. Kemudian akan tampil seperti gambar diatas yang menandakan soundcard dan hadware lainnya baik-baik saja. Namun jika bermasalah akan terdapat tanda seru yang menandakan bahwa antara bermasalah atau belum terinstal drivernya.

Itulah beberapa penjelasan tentang teknik komputer untuk mencari penyebab komputer tidak mengeluarkan suara dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat !

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon