logo blog

16 Januari 2017

Menutup Laptop Dalam Keadaan Hidup ? Ini Dampaknya

Dampak menutup laptop dalam keadaan hidup bisa mengakibatkan layar monitor secara tidak langsung akan menyebabkan layar LCD pada laptop tidak begitu awet, namun juga bisa mengalami kerusakan secara langsung. Penyebab menutup laptop dalam keadaan hidup mungkin disebabkan karena anda tidak ingin ketika orang yang datang tiba-tiba melihat data rahasia yang terdapat dalam laptop.

Mungkin juga anda sedang dalam kelas atau kantor kemudian menggunakan laptop untuk bermain game yang kemudian tiba-tiba ada guru atau bos anda datang. Karena anda menggunakan laptop untuk bermain game dalam waktu bekerja atau belajar maka anda menutup laptop secara langsung dalam keadaan hidup supaya bos atau guru anda tidak mengetahui secara langsung.

Dampak Menutup Laptop Dalam Keadaan Hidup

Ketika laptop ditutup dalam keadaan hidup secara otomatis sistem akan melakukan Sleep (tertidur) dan hibernasi. Jika pada sistem windows 7 ke atas maka mode sleep dan hibernasi bisa lebih baik karena sangat menghemat baterai. Begitu anda hidupkan kembali maka sistem akan menampilkan jendela yang sedang anda buka sebelum anda menutup laptop.

Sedangkan bagi anda yang menggunakan windows terdahulu seperti windows XP maka ketika laptop anda tutup akan beralih ke mode standby yang masih bisa menguras daya pada baterai.

Dampak Menutup Laptop Dalam Keadaan Hidup


  • Ketika anda menggunakan laptop maka otomatis akan mengeluarkan hawa panas yang dikeluarkan oleh perangkat hadware seperti mainboard dan processor. Jika dalam keadaan panas kemudian anda menutup laptop secara tiba-tiba maka hawa panas secara tidak langsung akan membuat layar LCD terkena panas yang keluar melalui celah-celah tombol keyboard.
  • Menutup laptop dalam keadaan hidup bisa menyebabkan kualitas atau ketahanan baterai anda semakin berkurang. Jadi pastikan bahwa baterai anda dalam keadaan normal dan tidak bocor. Karena menggunakan baterai yang sudah tidak normal maka ketika anda menutup laptop biasanya ketika baterai habis maka tidak bisa hidup kembali. Hal ini akan menyebabkan sistem dan perangkat hadware seperti  Harddisk akan cepat mengalami kerusakan.
Jika dalam keadaan darurat bisa saja anda melakukan menutup laptop dalam keadaan hidup, namun saya sarankan jangan terlalu sering. Ada solusi yang bisa anda terapkan seperti mengatur laptop tetap hidup ketika anda tutup seperti gambar diatas.

  1. Pertama anda Klik kanan pada icon baterai yang terdapat di pojok kanan bawah kemudian pilih "Power Option".
  2. Kemudian anda pilih menu "Choose What Closing The Lid Does".
  3. Selanjutnya pada "When I Close Lid" kalian pilih "Do not Nothing".
  4. Dan jangan lupa "Save Changes".
Baca juga : Cara Memperbaiki LCD Laptop
Jadi jangan terlalu sering menutup laptop dalam keadaan hidup jika tidak dalam keadaan terpaksa. Menjaga benda yang kita sayangi tentunya harus dilakukan bukan ? apalagi jika laptop anda di beli dengan harga mahal.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon