Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog SEO Friendly Lengkap

Cara Membuat Blog SEO Friendly Lengkap
Apa saja yang perlu di persiapkan untuk membuat blog supaya seo friendly ? Pengertian seo friendly sendiri adalah untuk membuat keterlihatan suatu konten dalam sebuah web melalu proses yang alami. Pengguna akan menemukan blog berdasarkan kata kunci pada mesin pencari. 

Maka pengguna yang datang ke blog melalui mesin pencari di sebut pengunjung organik. Bukan hal yang mudah untuk meng-optimasi blog agar bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari.

Banyak perusahaan mesin pencari yang terkenal seperti Google, Yahoo, Baidu dan Bing sebagai sarana untuk mencari berbagai informasi. Jangan berprasangka bahwa jika konten anda berada pada halaman pertama Google belum tentu di mesin pencari lainnya anda nomer satu. 

Mesin pencari akan menampilkan blog yang memiliki kata kunci tertentu serta relevan dengan judul dan isi artikel/konten.

Cara Membuat Blog SEO Friendly

Setelah anda mengetahui pengertian apa yang disebut seo dan manfaatnya untuk blog, maka saya akan mencoba berbagi bagaimana membuat blog supaya menjadi seo friendly. Apa saja yang harus dipersiapkan atau sarana untuk membuat blog agar mempunyai nilai ekonomis di masa depan. Karena blog yang mempunyai nilai seo tinggi tentunya akan mempunyai harga yang relatif tinggi jika suatu saat anda ingin menjualnya.

Nama dan Judul Blog

Blog yang mempunyai nama mudah diingat tentunya akan mempunyai nilai lebih. Namun terkadang banyak juga yang menggunakan nama sesuai dengan kata kunci yang dibidik. 

Contohnya saja jika anda menguasai seo maka mereka akan menggunakan kata seo seperti "blogseo" maka biasanya artikel yang menggunakan kata kunci blog dan seo akan lebih mudah berada pada halaman pertama mesin pencari. 

Namun jika nama tersebut tidak di imbangi dengan artikel yang bagus jangan harap bisa tampil di halaman depan.

Jika menggunakan nama sebuah brand seperti ralabuma ini walaupun selalu membahas seo tapi artikel yang membahas blog seo bisa berada di halaman pertama itu dikarenakan adanya optimasi pada judul blog seperti "Tutorial Blog dan Komputer" dan menggunakan deskripsi yang relevan dengan konten yang dibuat. 

Jika anda membahas tentang blog namun deskripsi yang anda buat yang berhubungan dengan kesehatan tentu saja tidak akan di anggap relevan oleh mesin pencari yang kemudian berdampak dengan tenggelamnya konten anda di mesin pencari.

Dari referensi pembuatan judul blog diatas maka akan terdapat perbedaan. Yang pertama tentu saja akan lebih unggul jika membahas tentang seo dan kedua akan unggul dengan artikel yang sifatnya universal alias bisa apa saja. Kembali kepada anda untuk menentukan pilihan yang terbaik.

Optimasi Deskripsi Penelusuran

Membuat deskripsi singkat yang mengandung kata kunci pada setiap konten akan membuat keterlihatan blog anda menjadi lebih seo di mesin pencari. Untuk lebih detail tentang deskripsi silahkan buka artikel sebelumnya "Optimasi Seo Menggunakan Deskripsi Penelusuran" yang alhamdulilah bisa tampil pada halaman pertama.

membuat deskripsi penelusuran menjadi seo
Membuat Blog Lebih Seo Friendly dengan melakukan optimasi pada deskripsi penelusuran

Membuat Artikel SEO

Untuk membuat artikel yang memiliki nilai seo supaya bisa tampil pada halaman pertama maka diperlukan pencarian kata kunci yang tepat seperti gambar diatas. Dimulai dengan menggunakan 2 sampai 5 kata kunci. 

Jadi jika pengguna mencari dengan kata kunci yang dibidik tetap saja artikel kita akan muncul pada halaman depan. Seperti contoh gambar diatas kata kunci yang saya bidik adalah 2 kata kunci "deskripsi penelusuran" kemudian saya menambah beberapa kata kunci yang lebih panjang dalam isi artikel. Anda bisa membaca artikel "Rahasia Membuat Artikel SEO" dalam blog ini.

Cara Membuat Artikel Blog Lebih SEO
Membuat Artikel Yang Memiliki Nilai SEO

Menggunakan Template SEO Friendly

Pentingnya dalam memilih template yang mempunyai nilai seo supaya anda tidak lagi bolak-balik mengganti karena melihat template orang lain lebih bagus. Mengganti template secara berlebihan tentunya akan membuat spider/googlebot merayapi ulang kembali dari awal. 

Membutuhkan waktu untuk blog anda kembali normal. Kesalahan memilih template tentunya akan membuat blog anda tenggelam di mesin pencarian. Anda harus mengetahui apa perbedaan template premium dan gratisan.

Cara memilih template Blog SEO Friendly
Cara Memilih template blog yang mempunyai nilai SEO 

Membuat Sitemap

Membuat dan mengirimkan sitemap akan membuat blog menjadi lebih seo. Sitemap atau daftar isi akan memudahkan pengguna untuk mencari artikel lainnya. Sitemap sendiri bisa dibuat secara manual ataupun otomatis di blog dengan menggunakan halaman tersendiri seperti disclaimer atau privacy policy. Sitemap yang mempunyai format "xml"yang dikirimkan kepada mesin pencari yang kemudian akan melalui proses indeks dan ditelusuri. Anda bisa membaca artikel fungsi sitemap untuk mesin pencari lebih detailnya.

 
Membuat dan mengirimkan sitemap membuat blog lebih seo friendly
Membuat dan mengirimkan sitemap akan membuat blog menjadi lebih seo

Menambahkan Title Tag dan Alt Tag Pada Gambar

Agar blog dan artikel lebih menjadi seo, maka pada gambar yang dipublish harus menggunakan attribute title tag dan alt tag dan caption. Contohnya pada judul "cara membuat blog seo friendly lengkap" maka pada gambar saya berikan title text "membuat blog seo" dan pada alt text saya berikan dengan kata kunci sesuai judul. 


Untuk add caption silahkan anda berikan kata-kata yang mengandung kata kunci seperti contoh gambar yang terdapat dalam artikel ini.

Selain hal-hal diatas untuk membuat blog yang seo friendly, masih banyak yang harus anda pelajari jika ingin konten yang anda buat berada pada halaman pertama mesin pencarian. Anda masih bisa bersaing dengan blog besar lainnya untuk mengalahkan artikel-artikel mereka seperti yang saya lakukan dan lumayan berhasil. Untuk mengatasi persaingan seo dengan blog-blog besar dibutuhkan artikel yang original dan kata kunci yang tepat. Semoga bermanfaat.

8 komentar untuk "Cara Membuat Blog SEO Friendly Lengkap"

  1. Rupanya template yang seo friendly juga berpengaruh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Indra, menggunakan template yang punya nilai seo akan berdampak positif untuk meningkatkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari. Terima kasih

      Hapus
  2. Terimakasih sangat Bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas fadli terima kasih sudah membaca artikel cara membuat blog seo friendly semoga bermanfaat dan dapat membantu blog anda pada halaman pertama mesin pencari

      Hapus
  3. Banyak yang nangkring di pageone, jika sudah SEO…
    Namun harus mencari keyword-keyword pilihan juga ya Mas…
    Karena jumlah visitornya juga menjadi tolak ukur, yang tidak bisa dibantah…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang dedy, karena persaingan kata kunci sangat ketat jadi harus benar-benar jeli dalam menentukan kata kunci. Visitor yang datang dari media sosial pun sudah tidak bisa lagi di andalkan untuk memperbaiki peringkat blog.

      Hapus
  4. terima kasih infonya, sukses selalu

    BalasHapus