logo blog

31 Desember 2016

Baterai Ponsel Android Boros ? Ini Penyebabnya

Penyebab baterai pada ponsel android boros atau cepat habis bisa dikarenakan sesuatu hal yang umum dan sudah tidak asing lagi khususnya bagi pengguna ponsel android. Lalu hal apa sajakah yang membuat baterai pada ponsel android bisa cepat habis dan terkadang menjadi cepat rusak. Selain daya baterai yang disematkan pada ponsel tersebut memiliki kapasitas yang kecil, namun juga sistem didalamnya terkadang membutuhkan daya baterai yang besar untuk meningkatkan peforma pada ponsel tersebut.

Pada dasarnya setiap ponsel kelas bawah sampai kelas high end akan menyeimbangkan kebutuhan sumber daya baterai dengan sistem dan aplikasi yang akan berjalan nantinya. Namun terkadang ponsel yang masih menggunakan sistem operasi android yang versi lama selalu dipaksakan untuk menjalankan aplikasi yang membuat baterai cepat habis.

Baterai Ponsel Android Boros ? Ini Penyebabnya

Ciri Baterai Ponsel Yang Sudah Lemah

Baterai pada ponsel android yang sudah melemah akan mempunyai ciri sebagai berikut :

  1. Baterai tersebut akan cepat terkuras habis. 
  2. Selain itu ketika dilakukan charger baterai cepat sekali penuh, dan ketika digunakan baterai mendadak drop.  
  3. Suka restart dan mati sendiri.
  4. Tidak bisa menyimpan energi alias tidak bisa di charger.
  5. Baterai mengalami pembengkakkan atau menggelembung.
  6. Ponsel tidak bisa hidup karena baterai rusak.

Cara Mengatasi Agar Baterai Android Tidak Boros

Untuk mengatasi agar Baterai Android tidak Boros atau cepat habis apalagi jika sampai mengalami kerusakan, terdapat beberapa tips yang akan saya share kepada anda bagaimana cara membuat sumber daya beterai pada ponsel android lebih tahan lama.

Pengalihan Koneksi Data

Dengan sinyal 3G saja cepat boros apalagi sekarang dengan adanya teknologi terbaru adalah 4G yang selain memboroskan kuota data cepat habis begitu juga dengan sumber daya baterai akan menjadi 2x lipat lebih boros ketika ponsel menggunakan jaringan pada sinyal 4G.

Tentunya hal tersebut bisa diatasi dengan pengalihan koneksi menjadi 3G atau 2G agar baterai lebih menjadi awet dan tidak boros. Ketika dalam perjalanan saya sendiri suka melakukan hal tersebut. Namun jika dirumah atau dikantor menggunakan WIFi karena waktu untuk membuka halaman sebuah website akan lebih cepat dibandingkan dengan yang berbasis data.

Kurangi Tingkat Kecerahan Pada Layar

Jika anda menggunakan ponsel yang memiliki teknologi super amoled atau 4K sudah barang tentu kecerahan yang dimiliki oleh ponsel tersebut sangat tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai akan cepat habis. 
Cara mengatasinya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan (brightness) agar tidak terlalu memiliki kecerahan yang tinggi. Perlu anda ketahui bahwa fitur brightness pada android diperuntukkan jika anda sedang didalam tempat yang redup.   

Menonaktifkan Fitur Yang Tidak Perlu

Pada smartphone android terdapat aplikasi atau fitur yang terinstal didalamnya. Seperti Bluetooth, GPS (lokasi), Wifi dan Hotspot. Ketika fitur ini anda aktifkan semua maka akan menyedot sumber daya dari baterai ketika fitur tersebut berjalan. Ada kalanya fitur ini diaktifkan secara terus menerus padahal anda tidak menggunakannya.

Contohnya saja fitur GPS, WIFi dan Bluetooth akan selalu mencari koneksi ketika anda sedang dalam perjalanan. Hal ini tentunya sumber daya baterai pada ponsel akan mulai terkuras secara cepat. 
Untuk mengatasinya fitur tersebut harus anda matikan ketika anda memang tidak sedang menggunakannya. 

Mengurangi Bunyi Dering dan Mode Getar

Jika anda menggunakan bunyi atau dering yang super kencang dan menggunakan mode getar sebaiknya pilih diantara satu atau anda bisa menguranginya. Hal tersebut tentunya akan menghemat baterai ponsel lebih awet.

Matikan Pembaruan Otomatis

Aplikasi media sosial seperti facebook, twitter dan lainya adalah yang paling membuat baterai cepat habis. Jika anda ingin baterai tidak boros sebaiknya anda logout dari aplikasi tersebut dan login kemudian jika anda akan menggunakannya.
Baca juga : Cara Mematikan Update Otomatis
Selain metode diatas banyak juga aplikasi yang menyediakan untuk menghemat baterai. Namun pada dasarnya saya tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut kecuali yang berbayar, karena versi yang sifatnya gratis selalu muncul iklan dan bisa membuat boros baterai, terkadang aplikasi tersebut menawarkan aplikasi lainnya yang membuat tidak nyaman penggunanya.

Manfaat menghemat baterai pada ponsel android banyak manfaatnya. Misalnya saja ketika dalam keadaan penting kita masih dapat menggunakan. Tips dari saya agar baterai awet dipakai matikan ponsel ketika sudah 10% jangan sampai habis betul. Jangan menggunakan ponsel sambil di charger hal tersebut akan mengurangi umur baterai alias tidak tahan lama. Gunakanlah baterai original untuk menjaga ponsel anda dari kerusakan seperti cepat panas.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon