logo blog

18 Desember 2016

Cara Reset Password Bios Komputer dan Laptop Yang Terkunci

Untuk anda yang sering atau hobi bongkar pasang komputer karena ingin lebih mengetahui secara detail hadware komputer, dari pengalaman saya pribadi terdapat banyak kasus untuk masalah hadware dan sofware pada unit komputer. Diantaranya hadware motherboard yang didalam terdapat Sistem BIOS yang berfungsi untuk mengatur sistem agar berjalan normal. Ada salah satu kasus yang pernah saya tangani yang mana ketika tidak dapat masuk pada sistem BIOS karena adanya password, untuk reset bios yang terkunci diperlukan langkah-langkah sederhana untuk menetralkannya kembali.

Mengapa Sistem Bios bisa terkunci ? Salah satunya pasti dari teknisi yang biasa anda pakai telah memproteksinya dengan password. Hal tersebut mungkin untuk menjaga keamanan, disisi lain jika komputer anda sedang bermasalah tapi teknisi tersebut sibuk maka jalan lainnya anda harus menggunakan jasa teknisi lainnya yang tidak mengetahui password tersebut.
Cara Reset Password Bios Komputer dan Laptop Yang Terkunci

Cara Reset Bios Yang Terkunci

Perlu anda ketahui bahwa walapun komputer anda sedang mati, namun ada sebuah sistem yang berjalan dan akan tetap hidup yaitu CMOS. Pengertian CMOS adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconcuktor, yaitu sebuah jenis baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif tanpa adanya aliran listrik, jenis chip semi-konduktor yang menyimpan data tanpa membutuhkan sumber daya eksternal.

Baterai CMOS yang terdapat dalam motherboard secara tidak langsung menyimpan data BIOS dan termasuk password. Cara paling aman untuk mereset bios adalah dengan mencabut baterai tersebut dan menancapkannya kembali. Setelan BIOS sendiri akan menjadi default atau kembali pada setelan semula ketika baterai dicabut. Berikut cara mudah mereset BIOS komputer yang terproteksi password :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melepaskan kabel arus listrik yang tersambung dengan komputer.
  2. Kemudian anda buka casing komputer.
  3. Setelah itu anda lihat pada mainboard akan terdapat baterai bulat seperti pada gambar.
  4. Kemudian anda cabut tersebut dengan hati-hati.
  5. Tunggu kurang lebih 5 menit lalu anda masukan kembali baterai CMOS ketempat semula.
  6. Sebelum anda menutup casing sebaiknya anda tes hidup terlebih dahulu, jika sudah bisa masuk BIOS tanpa password berarti anda sukses melakukannya.
  7. Berikutnya anda pasang kembali dan rapihkan komputer agar terasa lebih enak saat digunakan.

Ada cara lainnya yaitu dengan menggunakan sofware. Banyak sofware seperti  CMOS De-Animator yang bisa anda cari di google dan mendownloadnya. Sofware ini sering digunakan pada komputer jenis laptop, hal ini disebabkan karena sebagian orang tidak bisa membogkar laptop, namun sofware ini juga bisa digunakan untuk komputer PC.

Penggunaannya pun sangat mudah tinggal anda jalankan softwarenya, lalu pilih Bytes to Operated With, pada Action to perform silahkan anda pilih Clear CMOS lalu klik Procces. Kemudian lakukan restart pada laptop anda. Semoga Bermanfaat !

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon