logo blog

27 Desember 2016

Cara Menonaktifkan Windows Update

Bagaimana cara menonaktifkan windows update dan apa alasannya ? Yah kemungkinan anda tidak menggunakan windows yang original maka fitur update dimatikan. Hal tersebut biasa dilakukan karena selain akan terblokirnya komputer juga akan memperlambat proses shutdown ketika sistem memperbarui fitur-fitur baru dalam sistem windows.

Proses update terjadi karena komputer sedang terhubung ke internet, secara otamatis sistem akan melakukan update dengan memberikan peringatan terlebih dahulu. Ketika proses update terjadi ketika anda melakukan shutdown atau restart maka sistem pada komputer akan melakukan pembaruan sistem terlebih dahulu sebelum proses shutdown terjadi dan itu berlangsung lama sekali.

Cara Menonaktifkan dan Mematikan Windows Update

Ada baiknya ketika ingin melakukan update windows sebaiknya anda siapkan waktu luang. Hal ini tentunya dari pengaturan otomatis update diganti secara manual. Jika anda menggunakan jaringan internet berbasis kuota siapkan kuota yang banyak karena file update memiliki data yang lumayan besar. Jangan sampai ditengah jalan proses update tertunda karena kuota data anda habis.

Cara Menonaktifkan Windows Update
Jika anda menggunakan windows asli (genuine) maka anda tidak perlu mengatur hal ini, biarkan sistem melakukan update secara otomatis


Cara Mematikan Windows Update

Terdapat tips pengaturan dalam control panel untuk mematikan windows update tersebut. Berikut langkah-langkah cara bagaimana menonaktifkan windows update melalui control panel yang pada kali ini kami menggunakan windows 7 Profesional, namun pada dasarnya semua pengaturan windows hampir sama hanya tampilan saja yang berbeda :

  1. Pada jendela dekstop pilih icon computer dan lakukan klik kanan.
  2. Kemudian muncul jendela baru dan pilih Properties
  3. Akan muncul jendela baru yang kemudian anda pilih menu Change Setting (lihat gambar atas)
  4. Lalu akan muncul jendela baru (lihat gambar dibawah)
  5. Kemudian anda pilih Never check for update (not recomended)
  6. Hilangkan tanda centang pada kotak kecil tersebut. OK

  
Cara Mematikan Windows Update
Keamanan komputer anda akan lebih terjamin jika sistem melakukan update secara berkala
Catatan :
Jika anda melihat pada no 5 terdapat keterangan (not recomended), hal tersebut dimaksudkan bahwa hal tersebut tidak direkomendasikan oleh sistem. Namun jangan khawatir itu hanya peringatan saja.
Peringatan tersebut muncul dikarenakan bahwa sistem perlu pembaruan atau update sistem terbaru. Jika anda menggunakan windows asli (genuine) maka anda tidak perlu mengatur hal ini, biarkan sistem melakukan update secara otomatis. Keamanan komputer anda akan lebih terjamin jika sistem melakukan update secara berkala.
Baca juga : Cara Menampilkan File Hidden
Semakin banyaknya jenis varian virus terbaru maka dengan mematikan windows update atau tidak melakukan pembaruan sistem, komputer anda rentan terserang virus. Semoga ulasan bagaimana cara menonaktifkan atau mematikan windows update ini bisa menambah wawasan anda mengenai sistem komputer.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon