Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jaringan LAN Local Area Network

Pengertian Jaringan LAN Local Area Network
Apa itu LAN ? Pengertian LAN (Local Area Network)  adalah suatu jaringan yang komputer yang mencakup beberapa wilayah kecil. Jika dalam sebuah perusahaan, warung internet atau kampus biasa akan terdapat jaringan komputer yang biasa disebut jaringan LAN. Teknologi yang digunakan saat ini berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang menggunakan Switch Hub yang memiliki kecepatan transfer data yang beragam mulai dari 10,100 sampai dengan 1000 Mbit/s.

Jika terdapat sebuah unit jaringan menggunakan LAN maka pada setiap Node atau komputer akan mempunyai daya komputasi sendiri. Pada setiap komputer yang terkoneksi jaringan LAN dapat mengakses sumber daya komputer lainnya seperti sharing file dan perangkat komputer.

Dalam sebuah jaringan komputer juga dapat melakukan komunikasi dengan pengguna lainnya melalui aplikasi yang tertanam dan sesuai dengan perangkat yang terhubung dengan jaringan.


Seiring berkembangnya jaman selain teknologi Ethernet juga terdapat teknologi menggunakan versi terbaru yaitu yang disebut 802.11b yang dikenal dengan nama WIFI. Jika dalam suatu jaringan menggunakan teknologi Wifi maka kita menyebutnya Hostspot.
  

Karakteristik Jaringan Menggunakan LAN

Jaringan yang menggunakan LAN memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis jaringan lainnya sebagai berikut :
  1. Ruang lingkup wilayah yang terbatas/lebih sempit.
  2. Memiliki Kecepatan data yang lebih tinggi
  3. Tidak memerlukan/membutuhkan jalur komunikasi dari pihak ketiga.
  4. Terdapat server yang bisa mengatur semua sistem dalam jaringan LAN  
Pengertian Jaringan LAN Local Area Network
Struktur LAN Local Area Network
Pada jaringan yang menggunakan LAN membutuhkan peralatan seperti Kabel UTP dan Koaksial, Tang Criping, Konektor RJ45, LandCard dan Switch HUB yang akan dijelaskan pada artikel selanjutnya Perlengkapan Untuk Membuat Jaringan LAN. Semoga Bermanfaaat

Artikel ini akan dijadikan Materi Pembelajaran dalam Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang setiap artikel akan dibuat kesimpulan yang mengandung pertanyaan dan jawaban.

Posting Komentar untuk "Pengertian Jaringan LAN Local Area Network "