logo blog

26 November 2016

Mengenal Fungsi dan Jenis Memori Komputer

Teknik Komputer | Berbagai jenis memori yang terdapat dalam sebuah unit komputer sejak jaman dahulu sampai sekarang mengalami perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun. Memori atau RAM memiliki fungsi sebagai salah satu kecepatan dan meningkatkan kinerja komputer. Selain itu memori digunakan bukan pada komputer saja melainkan pada perangkat lainnya seperti smartphone dan gadjet lainnya yang pada umumnya membutuhkan memori. Jika ingin mengenal lebih jauh tentang memori komputer terdapat berbagai jenis dan tipe memori yang beredar dipasaran sekarang ini yang patut anda ketahui.

Apa itu memori ? Pengertian Memori bisa juga disebut memori fisik, memiliki fungsi sebagai media penyimpanan sementara. Dalam istilah komputer memori juga mempunyai sebutan antara lain RAM "Ramdom Acces Memory". Memori akan bekerja sebagai penyimpan data sementara yang sebelumnya data tersebut diproses oleh processor yang kemudian memori akan menyimpan data tersebut untuk sementara waktu.

Mengenal Fungsi dan Jenis Memori Komputer

Data sementara yang tersimpan dalam memori fisik akan tetap ada selama komputer itu hidup. Kapan data sementara tersebut akan hilang ? Data sementara yang tersimpan dalam memori akan hilang pada saat komputer melakukan restart/reset dan anda matikan.

Pada setiap memori fisik di implementasikan dalam bentuk Ramdom Acces Memori (RAM) dan yang bersifat dinamis disebut DRAM. Untuk melakukan akses pada setiap memori akan dilakukan secara acak pada setiap lokasi, makanya disebut "Ramdom".

Jenis dan Tipe Memori Komputer

Terdapat 2 Tipe Memori "RAM" yang sudah dikenal secara umum yaitu RAM Statis (SRAM) dan RAM Dinamis (DRAM).

Perbedaan SRAM dengan DRAM adalah memiliki sedikit data yang disimpan dengan menggunakan metode memori cell 6 transistor. Namun memori ini walaupun membutuhkan sedikit daya tapi memiliki kecepatan tinggi.

Sedangkan DRAM memyimpan sedikit data dengan menggunakan sepasang transistor dan kapasitor dan secara bersama-sama telah meliputi sebuah memori cell DRAM. Untuk penggunakan daya pada kapasitornya berfungsi untuk menahan daya atau beban tinggi atau rendah, sedangkan transistornya berfungsi sebagai saklar yang akan memberikan kontrol sirkuit pada sebuah chip untuk membaca/mengganti status daya dari transistor.

Tipe Umum Memori Komputer


  1. SRAM (Static Ram)
  2. NV-RAM atau Non-Volatile RAM
  3. DRAM atau Dynamic RAM
  4. Fast Page Mode DRAM
  5. EDO RAM atau Extended Data Out DRAM
  6. XDR DRAM
  7. SDRAM atau Synchronous DRAM
  8. DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM yang kini mulai digantikan dengan DDR2, DDR3
  9. RDRAM atau Rambus DRAM

Merk Memori Komputer


  1. Infineon 
  2. Hynix 
  3. Samsung 
  4. Micron 
  5. Rambus 
  6. Corsair

Komponen utama dalam sistem komputer adalah Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Circuitry, Storage Space dan piranti Input/Output. Tanpa memori, komputer hanya berfungsi sebagai piranti pemroses sinyal digital saja, contohnya kalkulator atau media player.

Kemampuan memori untuk menyimpan data, instruksi dan informasi-lah yang membuat komputer dapat disebut sebagai komputer multi-fungsi (general-purpose). Komputer merupakan piranti digital, maka informasi disajikan dengan sistem bilangan biner (binary). Teks, angka, gambar, suara dan video dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan biner (binary digit atau disingkat bit). Sekumpulan bilangan biner dikenal dengan istilah BYTE, dimana : 1 bita = 8 bit (sumber wikipedia)

  • 1 bit = 1 karakter
  • 1 kilobita = 1024 bita
  • bps = bit per second 
  • 1 kbps = 1000 bps 
  • 1 mbps = 1.000.000 bps

Semakin besar ukuran memorinya maka semakin cepat kinerja komputer dan banyak pula informasi yang dapat disimpan di dalam komputer. Semoga Bermanfaat

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon