logo blog

23 November 2016

Kerusakan Umum Pada Kamera CCTV

Kerusakan umum pada kamera cctv yang sering Ralabuma temukan pada dasarnya bisa diselesaikan oleh anda sendiri dengan mudah. Berbagai jenis kerusakan umum bisa disebabkan dengan tegangan listrik yang tidak stabil dan faktor alam antara lain tersambar petir. Namun kebanyakan dari segi kasus yang sering ditemukan adalah faktor adanya distorsi listrik yang mengakibatkan hasil tangkapan layar pada kamera biasanya berkedip-kedip, bergaris dan menjadi hitam putih.

Kesalahan dalam pemasangan dan menyatunya antar konektor pada port DVR bisa juga menyebabkan tangkapan layar kurang maksimal. Jika listrik tidak stabil akan menyebabkan hardisk penyimpan data juga akan mengalami kerusakan, hal itu terjadi karena saat terjadi perekaman silinder dalam hardisk yang berputar akan berhenti mendadak ketika terjadi pemadaman listrik.

Kerusakan Umum Pada Kamera CCTV

Kerusakan Umum Kamera CCTV

Terdapat beberapa kerusakan yang umum pada kamera cctv yang bisa saya share disini untuk menambah wawasan anda jika ingin memperbaikinya sendiri tanpa menggunakan jasa perbaikan dari layanan cctv. Berikut kerusakan umum lainnya yang ada pada kamera cctv dan cara mengatasinya :
  1. Gambar hitam putih pada siang hari.
  2. Tangkapan layar bergaris.
  3. Tidak muncul gambar
  4. Adaptor Mati
  5. Hardiks tempat merekam berbunyi
  6. DVR Mati

Pada kasus nomer 1 (satu) 2 (dua) dan 3 (tiga) hal tersebut bisa disebabkan karena :

  • Pemasangan kabel pada konektor tidak sempurna. Pastika ujung kabel coaxial yang terdiri kabel 1 dan serabut tidak saling bersentuhan.
  • Pastikan kabel serabut jangan banyak yang terpotong.
  • Pastikan konektor yang terpasang pada DVR tidak saling bersentuhan dan menancap erat pada DVR. Anda bisa membukusnya denga lakban atau ada pembatas antara konektor cctv 1 dan konector dibawahnya dengan menggunakan plastik.
  • Pastikan lobang konektor untuk kabel 1 tidak kendor (biasanya lobang konektor untuk kabel memiliki lobang besar dan menyebabkan longgar) hal ini tentunya akan ada distorsi, anda bisa menekuk kabel menjadi dua agar menempel erat pada lobang konektor.
  • Masih pada kasus 1 sampai 3 cobalah pindahkan adaftor lainnya untuk mengetes terlebih dahulu, bisa saja adaptor yang outputnya terganggu yang tidak membuat kamera tidak stabil dalam pengambilan warna.
  • Untuk kasus 4 sampai 6 anda harus pastika adaptor yang menancap pada stop kontak listrik tidak kendor.
  • Buatlah jalur listrik tersendiri khusus kamera cctv, jangan gabungkan dengan TV, lampu atau perangkat lainnya. Arus listrik harus stabil jika tidak akan merusak ketiga perangkat tersebut karena terganggu oleh perangkat lainnya yang sejalur dengan arus listrik kamera cctv.    
Baca juga :
Cara Memilih Perlengkapan CCTV
Cara Memilih Jenis Kabel CCTV
Kerusakan umum yang paling sering terjadi dikarenakan listrik yang tidak stabil dan pemasangan konektor yang tidak tepat. Semoga bermanfaat silahkan kontak kami jika ingin penjelasan lebih lanjut atau melalui email dan kolom komentar yang disediakan.

2 komentar

Ternyata banyak juga ya faktor kerusakan pada kamera CCTV, memang sebaiknya diserahkan pada ahlinya yang lebih paham.

Betul mas indra, jika ada kerusakan cctv selain selain kriteria diatas silahkan bertanya pada kami. Terima kasih

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon