logo blog

15 November 2016

Mau Hosting Gratis ? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya

Ralabuma.com | Pada artikel sebelumnya saya sudah sedikit menjelaskan apa itu hosting. Supaya lebih jelas penulis akan coba jelaskan kelebihan dan kekurangan menggunakan hosting gratis. Seperti kita ketahui bahwa blog yang memiliki kecepatan akan membuat pengguna merasa nyaman ketika berada pada ruang lingkup sebuah situs.

Lain lagi halnya dengan situs yang memiliki loading lebih lama, tentunya hal tersebut akan membuat pengguna keluar dari situs tersebut. Lalu apa yang menjadi penyebab keduanya itu !

Mau Hosting Gratis ? Ini Kelebihan Dan Kekurangannya
Ilustrasi by pixabay


Kelebihan Hosting Gratis

Terdapat kelebihan hosting gratis bagi anda yang menggunakannya, hal ini tentunya akan menghemat biaya untuk pengembangan situs anda. Adapun kelebihan yang dimiliki hosting gratisan adalah sebagai berikut :

1). Tidak Perlu Perawatan


  • Semakin berkembangnya teknologi, maka dampak positif dan negatifnya pasti ada. Adanya serangan virus dan hacker perusak akan mengakibatkan situs/blog kalian tidak bisa di akses dan akan di anggap sebagai situs berbahaya. Namun dengan menggunakan hosting gratis anda terbebas dari masalah itu.
  • Sebaliknya hosting yang berbayar sering terjadi down (tidak bisa diakses). Anda harus mengeluarkan biaya untuk memberi tools tertentu untuk menghadapi serangan.

2). Keamanan Yang Maksimal

  • Pengembang seperti Google dengan Blogger nya akan menjamin keamanan setiap penggunanya, mulai dari serangan virus atau hacker jahat.

3). Serba Gratis dan Ekonomis

  • Jika anda menggunakan blogger dengan blogspotnya, kalian akan mempunyai email, domain dan hosting secara gratis.

4). Handal Dalam Kecepatan 

  • Kecepatan hosting gratis selalu stabil dan jarang down seperti wordpress dan blogger. Jadi selain memiliki loading cepat juga akan menguntungkan penggunanya alias kuota yang digunakan untuk membuka situs pun bisa terbilang irit.
  • Dengan hosting gratis anda tidak perlu was-was lagi server akan mengalami down berapa pun pengunjung ke situs anda karena besarnya bandwitdh yang diberikan pada penggunanya.
  • Namun jika menggunakan yang berbayar jika pengunjung membludak situs anda tidak dapat diakses terlalu lama untuk dibuka, mau tidak anda harus menambah kuato yang lebih besar lagi.


Kekurangan Hosting Gratis

Selain kelebihan, hosting yang gratisan pun mempunyai kekurangan , namun dibalik kekurangan itu bisa anda maksimalkan sebagai berikut :

1) Fasilitas Yang Terbatas


  • Tidak bisa menggunakan tools pendukung pihak ketiga lainnya. Terutama untuk memperbaiki peringkat dengan menggunakan teknik seo. Anda bisa mengatasinya dengan membuat konten yang original dan menggunakan kata kunci yang tepat.


  • Jika yang berbayar seperti menggunakan wordpress banyak dukungan tools untuk situs anda seperti untuk plugin-plugin SEO.

2) Harus Mentaati Ketentuan 


  • Pada hosting yang gratis terdapat ketententuan yang tidak boleh anda langgar. Misalnya menggunakan script yang sifatnya melanggar privacy (TOS). Jika anda langgar bersiaplah untuk menerima teguran bahkan sampai penghapusan situs anda. Untuk mengatasinya anda bisa membuat halaman privacy policy dan Disclaimer, serta menghindari hal-hal diluar ketentuan pemilik hosting. 
  • Menggunakan yang berbayar anda bisa berbuat apa saja, karena itu adalah seperti rumah anda. Namun jangan salah jika pengunjung anda membludak kemudian anda memaksakan menggunakan kuota yang ada, biasanya akan terkena suspended dari penyedia layanan.

3). Dianggap Tidak Profesional



  • Yah itulah nasib para pengguna yang gratisan selalu dianggap tidak profesional. Padahal dibalik gratisnya terdapat nilai ekonomis dan dapat bersaing dengan yang berbayar. Kalian bisa mengatasi ini dengan menjadikan blog anda menjadi custom domain agar bisa dianggap profesional.

Itulah sekilas ulasan yang mungkin mudah untuk dimengerti, terlepas dari itu semua segala kekurangan dan kelebihannya ada sesuatu yang patut dibanggakan tergantung dari penilaian anda masing-masing.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon