logo blog

27 November 2016

Mengenal Jenis Jaringan MAN, WAN dan Intranet

Pada artikel sebelumnya penulis sudah menjelaskan pengertian LAN dan Fungsinya. Kita akan beralih ke jenis jaringan MAN, Wan dan Intranet untuk mengetahui lebih jelas jenis atau tipe jaringan yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Ruang lingkup menggunakan jenis jaringan LAN aksesnya terbatas, nah kita akan mengenal yang lebih luas tentang jenis jaringan seperti judul dalam artikel ini.

Pengertian MAN dan Fungsinya

Pengertian Metropolitan Area Network atau MAN, adalah merupakan salah satu Jenis Jaringan Komputer yang memiliki akses lebih luas dan lebih canggih dibandingkan dengan Jenis Jaringan Komputer LAN.

Mengenal Jenis Jaringan MAN, WAN dan Intranet
Ruang lingkup menggunakan jenis jaringan LAN aksesnya terbatas, nah kita akan mengenal yang lebih luas tentang jenis jaringan
Sering disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini pada umumnya digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan komputer dari suatu kota menuju kota lainnya.

Pada sebuah jenis jaringan MAN dibutuhkan layanan pihak ketiga yaitu operator telekomunikasi yang menyediakan layanan antar jaringan komputer.

Sedangkan fungsi dari jenis jaringan MAN sendiri lebih tepatnya untuk menjangkau jaringan yang lebih luas hingga 50 KM jauhnya. Seperti halnya beberapa sekolah yang sama satu atap namun lokasi sekolah berjauhan, kantor dinas antar wilayah yang pada dasarnya bisa terkoneksi secara jarak jauh.

Manfaat dari Jaringan MAN ini antara lain untuk mencakup wilayah jaringan lebih luas yang memiliki efisiensinya lebih baik dalam hal berkomunikasi berbasis data. Pada jaringan berbasis MAN memiliki data transfer yang sukup tinggi, tentunya hal ini dapat Meningkatkan kinerja dan menumbuhkan suatu perusahaan, pemerintahan, kampus, sekolah atau pun lainnya.

Tentunya dalam setiap jenis jaringan memiliki kelemahannya masing-masing seperti menjadi target percobaan pihak-pihak lain yang ingin menerobos jaringan MAN milik anda. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut jangka waktu perbaikan cukup memakan waktu.

Pengertian WAN dan Fungsinya

Mempunyai nama keren Wide Are Network (WAN) adalah merupakan suatu jenis jaringan yang lebih luas lagi dan super canggih. Jenis jaringan berbasis LAN dan MAN hanya jaringan yang terbatas dan antar kota saja, beda dengan WAN yang terhubung ke antar benua. Dengan menggunakan kabel sejenis fiber optic yang ditanam dalam tanah dan melewati jalur bawah laut.

Menggunakan jaringan WAN tentunya memiliki fungsi dalam hal berkomunikasi akan menjangkau lebih luas lagi. Membutuhkan perawatan dan security sistem yang handal untuk menjaga pencurian data atau hal lainnya oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Tentunya jaringan yang berbasis LAN dan MAN juga dapat dihubungkan dengan jaringan WAN ini.

Pengertian Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet yang digunakan dalam internal perusahaan, sekolah, kantor, termasuk warung internet atau WARNET dapat di kategorikan Intranet.

Pada sesama jaringan Intranet kita dapat berkomunikasi melalui sambungan Internet satu dengan yang lainnya yang memberikan akses komunikasi jarak jauh. Namun pada dasarnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan koneksi Internet agar bisa berfungsi secara benar.

Apa Saja Jenis Protocol Yang Digunakan Pada Intranet ?

  • Protokol TCP/IP, 
  • Alamat IP
  • Protokol HTTP 
  • FTP, POP3, atau SMTP
Jika terdapat badan usaha, bisnis maupun institusi yang mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas luar, maka hal ini yang di sebut ekstranet. Pada dasarnya tidak semua isi intranet di publikasikan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet.

Suatu badan usaha atau perusahaan dapat memblokir akses ke intranet melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak atau perangkat keras yang mengatur akses seseorang masuk kedalam intranet.

Baca TKJ lainnya : Pengertian Jaringan LAN, Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross

Proteksi yang dilakukan akan melalui berbagai parameter jaringan seperti IP address contohnya. Jika firewall telah aktifkan maka akses pada intranet dapat terkontrol, sehingga pengguna/user hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian lebih dikenal sebagai extranet. Selamat Belajar Teknik Jaringan

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon