logo blog

7 November 2016

Jenis dan Penyebab Video Youtube Yang Tidak Menghasilkan Uang

Ralabuma | Penyebab video yang anda upload di youtube tidak menghasilkan uang dikarenakan karena ada video yang melanggar ketentuan layanan atau TOS (terms of service). Pada artikel sebelumnya tentang jenis konten video apa saja yang bisa diupload, maka penulis akan menjelaskan bahwa video tersebut bisa menghasilkan uang asalkan tidak kebijakan atau ketentuan yang ada dalam situs youtube.

Sebagian youtubers terkadang tidak mengerti akan hal ini. Dalam situs youtube terdapat video yang sebagian besar di monetisasi oleh penggunanya dan ada yang tidak di monetisasi. Video yang tidak di monetisasi adalah video yang biasanya di upload oleh seorang pengguna namun tidak bisa bagaimana cara video yang mereka upload bisa menghasilkan uang alias dollar.
Jenis dan Penyebab Video Youtube Yang Tidak Menghasilkan Uang
Video yang tidak di monetisasi adalah video yang biasanya di upload oleh seorang pengguna namun tidak bisa bagaimana cara video yang mereka upload bisa menghasilkan uang
Baca juga : Cara Monetisasi Video Dengan Iklan

Sedangkan video yang di monetisasi adalah video yang dikaitkan dengan akun google adsense yang sudah anda miliki. Video yang di monetisasi akan mendapatkan layanan iklan pada setiap video yang mereka upload. Semakin banyak yang melihat video anda maka peluang untuk mendapatkan dollar dari klik iklan semakin tinggi peluangnya.
Baca Juga : Cara Mendaftar Adsense Melalui Akun Youtube

Penyebab Video Youtube Tidak Menghasilkan Uang/Dollar

Setelah anda mempunyai akun adsense yang disetujui kemudian melakukan monetisasi pada video yang sudah anda upload agar tampil iklan, maka hal selanjutnya yang harus anda ketahui adalah apakah video yang anda upload tersebut akan menghasilkan uang atau tidak sama sekali. Berikut penjelasannya secara detail :

1) Buruknya Kualitas Video

Bukan bermaksud menjelekkan, namun pada kenyataannya video yang memiliki kualitas buruk akan berdampak pada merosotnya pengunjung yang menonton video anda dan secara tidak langsung hal tersebut akan menurunkan penghasilan.

Untuk meningkatkan penghasilan anda harus mempunyai video yang kualitasnya sesuai pedoman dari youtube. Video yang bagus juga harus anda buat menarik, tentunya hal tersebut bisa mendatangkan pengunjung baru melalui pemirsa yang membagikan video ke teman-teman lainnya.

Video yang memiliki kualitas baik juga akan disertai iklan yang mempunyai nilai klik lumayan besar dan itu adalah sebuah bentuk apresiasi dari pihak google atas kualitas video anda yang memiliki kualitas diatas rata-rata. Justru jika kualitas video anda buruk maka yang terjadi adalah sebaliknya.

2) Jenis Video Yang Tidak Original

Meng-upload video dari youtube kemudian anda upload ulang tentu saja akan melanggar kebijakan. Walaupun sudah dilakukan proses editing anda tidak bisa membohongi sistem pendeteksi video yang dimiliki oleh situs youtube yang tidak lain pemiliknya ada google sendiri.

Hal tersebut karena saya pernah mengalami hal tersebut yang kemudian terkena dampak bahwa saluran saya mempunyai reputasi buruk. Dan bukan itu saja akun adsense anda akan di non-aktifkan selama satu bulan (30 hari). Jika anda melanggar lagi maka akan di tangguhkan sampai 6 bulan bahkan selamanya alias banned.

Jika anda bertanya mengapa chanel youtubers yang lain bisa tampil iklannya padahal videonya memiliki konsep yang sama, yah anda bisa merasa ini tidak adil, tapi tahukah anda bahwa video tersebut sejatinya tidak menghasilkan uang. Percuma saja jika yang menonton ribuan namun tidak menghasilkan pendapatan.

Misalnya saja video musik atau konten video berita yang ribuan sampai jutaan penontonnya dan anda membayangkan hasil yang mereka dapat, padahal anda harus tahu bahwa mungkin mereka menggunakan konten ID dan yang menerima pembayaran tersebut adalah pemilik aslinya.

Penyebab lainnya adalah video yang anda upload hasil rekaman dari komputer seperti cuplikan goal sepakbola misalnya. Pengalaman saya video tersebut akan di blokir penayangannya karena merupakan hak cipta dari Federation FIFA, untungnya hanya pemberitahuan saja dan tidak sampai terkena banned.

Namun bisa jadi video yang saya uraikan itu menghasilkan uang karena belum terdeteksi tapi lama-kelamaan hal tersebut bisa terdeteksi, alih-alih menunggu gajian yang datang masalah surat teguran yang akhirnya gigit jari. Nah apakah sekarang anda masih iri ? Saya harap tidak yah teman-teman !

3) Menggunakan Background Audio Yang Memiliki Hak Cipta

Penyebab video tidak menghasilkan uang karena terdapat jenis musik atau audio yang memiliki hak cipta dan telah di lindungi undang-undang hak cipta. Musik audio tersebut sudah memiliki hak paten dan jika anda menggunakannya harus ijin terlebih dahulu dari pemilik tersebut.

Mungkin video anda original namun anda menggunakan menambahkan musik audio milik orang lain sehingga menjadi salah satu penyebab video yang anda upload ke youtube tidak menghasilkan uang sama sekali.

Banyak sekali background audio musik di situs-situs musik yang bisa anda gunakan kembali dengan membuat atribusi kepada penciptanya. Selain itu situs youtube juga menyediakan musik audio gratis yang bisa anda pergunakan secara bebas atau yang memiliki hak cipta dengan menyertakan link kepada pemiliknya yang sudah terdapat di youtube melalui pustaka audio (lihat gambar dibawah)

musik audio gratis dari situs youtube

4) Saluran/Chanel Video Anda Miliki Reputasi Buruk
Jika saluran anda sudah mempunyai reputasi buruk tentunya video anda tidak dapat dilakukan monetisasi. Anda harus mengembalikan reputasi kembali menjadi baik. Reputasi buruk akan anda dapatkan setelah ada video yang melanggar ketentuan (TOS).

Anda bisa mengajukan banding terhadap video yang anda upload. Jika banding anda diterima maka reputasi anda akan menjadi baik dan begitu sebaliknya.

Baca Juga : Alternatif Untuk Mendapatkan Video Tanpa Claim Hak Cipta  

Kesimpulan :

Untuk menjawab semua persoalan yang telah saya jelaskan diatas, membuat video yang original adalah lebih baik daripada meng-upload ulang video orang lain. Anda bisa mencari musik gratis melalui mesin pencarian google atau menggunakan pustaka audio yang sudah disediakan situs youtube.

Membuat video tutorial dengan menggunakan perangkat lunak/sofware perekam screenshoot layar yang saya lakukan lebih efektif dan benar-benar original. Membuat video disekitar area rumah anda tentang cara menanam cabai atau hal-hal yang berbau kreatifitas itu akan lebih baik.
Baca juga : Jenis Video Yang Bisa Mendatangkan Jutaan Penonton
Itulah ulasan hal-hal penyebab dan jenis video yang tidak dapat menghasilkan uang yang dapat menambah wawasan anda. Kritik yang membangun akan memberikan informasi lebih akurat tentang dunia seputar youtube. Terima Kasih

4 komentar

Mantap tips" -nya, thanks atas infonya Min....
:D

Klo kita sudah diterima di youtube adsense.... apakah video bisa langsung kita monetize atau baiknya nunggu dulu hingga viewnya banyak dulu

Aturan terbaru dari youtube iklan dapat tampil ketika tampilan video sudah mencapai 10.000 viewer. Trims sudah berkunjung dan berkomentar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon