Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Casing Komputer Mengandung Setrum

Cara Mengatasi Casing Komputer Mengandung Setrum
Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi terkena setrum gara-gara casing yang mengandung arus listrik dan perangkat komputer anda bisa dikatakan aman dari petir
Pasti kalian sudah sering merasakan ketika anda memegang casing komputer tiba-tiba dikejutkan oleh casing yang mengandung setrum. Walaupun kecil tapi efek dari kejutnya membuat kita kaget, terkadang hal tersebut menyebabkan sesuatu hal yang lebih parah akibat efek dari arus listrik yang mengalir pada casing seperti karena terkejut anda pasti refleks dalam menentukan gerakan yang bisa menyebabkan anda cedera atau menyenggol suatu barang didekatnya seperti gelas minuman.

Jika hal tersebut dibiarkan tentunya anda juga akan merasa takut lagi memegang casing komputer karena pengalaman yang tidak mengenakkan tersebut. Walaupun tidak mematikan namun sebaiknya anda bisa mengetahui apa penyebab casing nyetrum ?

Penyebab casing memiliki arus listrik karena rumah tinggal anda tidak mempunyai sistem grounding yang baik atau memang tidak menggunakan. Arus listrik yang dialirkan dari sumber PLN terdapat 3 kabel yang masuk instalasi listrik dalam rumah anda. Dari ketiga kabel tersebut selain Positif dan Negatif juga terdapat kabel untuk ground yang terhubung dengan tanah.

Hal tersebut untuk menjaga agar barang-barang jenis elektronik tidak cepat rusak, apalagi jika ada petir akan mengakibatkan barang elektronik anda terbakar. Jika terdapat ground pada instalasi listrik maka petir yang menyambar akan di netralisir oleh kabel ground tersebut.

Mengatasi Casing Mengandung Setrum

Pada dasarnya pada sebuah komputer PC yang menggunakan casing terdapat power supply yang berguna untuk mengalirkan arus listrik AC menjadi DC kepada perangkat didalamnya. Sebenarnya solusi mudah untuk menghindari kesetrum ketika memegang casing sebaiknya anda menggunakan sandal jepit. Hal ini untuk memutuskan arus antara kaki anda dengan tanah yang mengandung ground. Selain cara tersebut terdapat tips lainnya seperti dibawah ini :
  1. Siapkan kabel serabut yang bagus atau kabel tembaga dengan isi satu.
  2. Kupas pada kedua bagian masing-masing ujung kabel.
  3. Terlebih dahulu matikan komputer dan cabut kabel power yang terhubung dengan PLN (stop kontak/colokan).
  4. Pada belakang casing biasanya terdapat baut, anda bisa mengendurkan salah satu dari baut tersebut.
  5. Kemudian anda lilitkan pada baut yang telah dikendorkan tadi, dan kencangkan kembali baut tersebut.
  6. Untuk ujung lainnya anda kaitkan dengan paku dan tancapkan pada dinding atau lantai rumah.
  7. Selamat anda sudah membuat ground untuk komputer anda.
Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi terkena setrum gara-gara casing yang mengandung arus listrik dan perangkat komputer anda bisa dikatakan aman dari petir. Hal tersebut bisa anda gunakan juga pada mesin cuci atau televisi anda. Selamat Mencoba

2 komentar untuk "Cara Mengatasi Casing Komputer Mengandung Setrum"

  1. wah !! bagus infonya.. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas apresiasinya pada artikel casing komputer yang mengandung setrum

      Hapus