logo blog

4 November 2016

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berjalan Normal

Ralabuma | Sebelum menjelaskan bagaimana cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berjalan normal, ada baiknya saya jelaskan dulu penyebab touchpad error atau rusak. Sebuah unit laptop/notebook memiliki perangkat yang namanya touchpad, yaitu semacam pointing device pengganti mouse yang disentuh dengan jari untuk menggerakkan cursor seperti mouse. Dengan menggunakan Touchpad akan terlihat lebih elegant dibanding anda menggunakan laptop tapi tetap saja menggunakan mouse yang menggunakan kabel.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berjalan Normal

Memang, jika tidak ahli dalam menggunakan touchpad ini akan membuat pekerjaan yang dikerjakan melalui laptop akan menjadi lebih lama. Beda jika dengan menggunakan mouse yang biasa digunakan akan lebih cepat jika digunakan dalam urusan editing.

Pernahkah anda ketika dalam situasi yang genting tiba-tiba touchpad laptop tidak berjalan normal seperti biasanya, terkadang suka berjalan sendiri..hihihi ada setan ? Panik sudah pasti, namun jangan khawatir, penulis akan mencoba memberikan solusinya mudah-mudahan bisa membantu.

Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berjalan Normal

Penyebab touchpad tidak berjalan normal disebabkan oleh beberapa kesalahan baik perangkat hadware maupun sofware, adapun beberapa penyebab umumnya adalah sebagai berikut : 
  1. Disebabkan kemungkinan adanya kerusakan pada hardware touchpad itu sendiri 
  2. Adanya driver yang belum terinstal secara full yang akhirnya mengalami kerusakan pada sistem driver
  3. Pengaturan pada setting touchpad ada perubahan atau kesalahan
  4. Terdapat sistem windows yang error dan biasanya disebabkan oleh Spam yang menyerang sistem dan driver
  5. Adanya kotoran yang menempel pada area touchpad
Untuk memperbaiki touchpad yang memang sudah mengalami kerusakan seperti poin no 1, penulis hanya menyarankan sebaiknya anda ke service center.

Untuk penyebab touchpad error karena program seperti dikatakan pada kasus kerusakan no 2 dan 4 yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :
  • Instal driver touchpad yang cocok atau yang sesuai dengan merek laptop anda, biasanya sudah ada dalam paket ketika pertama kali anda membeli laptop.
  • Jika touchpad tiba-tiba tidak bisa bergerak, anda coba ingat terakhir kali bermain internet dan apakah ada sesuatu yang ganjil atau instal sesuatu yang menurut anda tidak lazim ?
  • Banyak virus spam beredar di internet dan bisa masuk kapan saja, alih-alih mencari aplikasi program atau semacam crack atau patch padahal file tersebut sudah banyak ditunggangi virus malware.
  • Cobalah update terus antivirus laptop anda agar bisa mendeteksi virus malware secara up to date. 
Untuk mengatasi touchpad yang tidak normal pada no 3 sebaiknya anda lakukan restart BIOS laptop anda dengan cara mengembalikan kepada pengaturan seperti semula (restore default) dengan cara masuk menu BIOS dengan menekan F2 pada keyboard saat komputer hidup pertama kali, jika bukan F2 anda bisa terlebih dahulu pada layar monitor ketika hidup biasa terdapat keterangan untuk masuk pada sistem BIOS. Setelah masuk sistem BIOS anda cari Save anda Exit lalu akan muncul menu lainnya. Cari restore default kemudian Save.
Baca : Cara Jitu Merawat Laptop
Untuk cara mengatasi yang no 5, anda cukup bersihkan dengan tisu basah lalu dengan tisu kering. Area touchpad yang banyak debu akan mengakibatkan sensitivitas nya akan sedikit responsif. Demikian bahasan tentang cara memperbaiki touchpad laptop yang tidak berjalan normal. Semoga bermanfaat

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon