logo blog

6 Oktober 2016

Perbedaan Template Premium dan Gratisan

Ralabuma | Khusus anda yang mempunyai blog dengan menggunakan platform blogspot maupun wordpress, tentunya diperlukan sebuah template untuk membangun sebuah blog. Sudah barang tentu anda ingin mempunyai blog yang bagus dan enak dilihat.  


perbedaan template premium dan gratisan
Mana yang lebih bagus Template Premium atau Gratis

Selain bagus tentunya dalam urusan loading blog pun harus cepat. Blog yang memiliki kecepatan diatas 2 detik menurut survei akan cepat ditinggalkan penggunanya.

Template yang responsive tentunya salah satu keharusan karena dijaman sekarang ini sudah memasuki era mobilegeddon dengan di awali hadirnya ponsel berbasis android.

Menggunakan template yang bersih dari link aktif, serta memiliki background berwarna putih yang dilengkapi dengan navigasi yang jelas, bisa dibuka berbagai macam merek ponsel akan membuat pengunjung betah berlama-lama dalam blog anda.

Namun sebuah blog bukan hanya memiliki tampilan yang bagus, tapi didukung oleh konten atau isi artikel yang menarik juga. Percuma saja bila tampilan blog anda menarik namun memiliki konten yang tidak menarik apalagi hasil plagiat copy paste.


Kelebihan Template Premium

Kelebihan template premium tentunya anda bisa menghilangkan credit link nama pembuat template yang diganti dengan nama blog anda atau nama anda sendiri sesuka hati. Anda akan mendapatkan update terbaru jika template tersebut memiliki perubahan.

Menggunakan premium template akan berhubungan langsung dengan si pembuat agar template yang anda gunakan mendapatkan hasil yang maksimal. Terkadang untuk pengaturan atau pandual manualnya akan disertakan saat anda membelinya.

Template Premium mempunyai navigasi yang jelas dan memiliki kecepatan diatas 90% bahkan bisa sampai 99%. Dan sudah barang tentu Responsive, SEO dan Mobile friendly. Untuk melakukan tes template silahkan anda kunjungi artikel saya sebelumnya bagaimana cara melakukan pengujian template.   


Kekurangan Template Premium

Sudah barang tentu untuk premium template ini memiliki kekurangan juga, anda harus mengeluarkan biaya extra jika anda ingin menggunakannya. Harga untuk sebuah template premium $10 sampai $200.

Terkadang jika anda ingin membeli template premium yang dari luar Indonesia, anda harus mempunyai alat berbayar seperti Paypal. 

Namun jangan khawatir di Indonesia para desainer template juga sudah banyak yang membuat template kelas premium yang tidak kalah dengan desainer template dari luar. Anda tidak perlu menggunakan Paypal jika menggunakan template lokal. 

Untuk harga template buatan anak negeri kita sendiri bisa dibilang cukup terjangkau yang berkisar dibawah 300 ribu rupiah saja.


Struktur Template dan Kekurangan Template Gratis


Para pembuat template gratisan biasanya memberikan secara cuma-cuma. Anda bisa menemukannya dimana saja karena pembuat template menyebar template buatannya dimana saja, dengan begitu pembuat template berharap jika ada yang menggunakan produknya berharap pengguna akan menjadikannya premium dengan membeli template tersebut.

Dalam template gratisan maupun premium terdapat kode CSS atau HTML yang sudah memiliki Schema dan struktur yang baik. 

Baca : Cara Melihat Data Terstruktur

Untuk jenis template yang versi gratis sudah barang tentu kode CSS atau HTML yang anda dapatkan tidak secara utuh dan struktur template pun apa adanya karena pembuat template memang sengaja membuat 2 versi gratis dan berbayar. 


kekurangan template gratis dan kelebihan template premium
Yang memiliki tanda x adalah versi template gratis yang tidak akan anda dapatkan faslitasnya secara penuh, lain halnya jika anda menggunakan template premium. 

Tidak utuhnya kode CSS/HTML tersebut akan mengakibatkan blog anda tidak berjalan secara normal (lihat gambar). Salah satunya untuk hal kecepatan loading blog akan sedikit mengalami hambatan saat dibuka pada jaringan yang memiliki koneksi rendah. Lain halnya jika anda menggunakan jaringan WIFI.

Jika anda menggunakan template versi gratis anda tidak boleh menghilangkan link credit tersebut. Walaupun anda bisa menghilangkan link tersebut itu akan membuat blog anda tidak baik dan tidak menghargai karya orang lain. 

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas sudah barang tentu anda dapat menyimpulkan sendiri apa perbedaan antara template berbayar (premium) dan Gratis. Jika anda menggunakan versi gratisan sebaiknya anda merubah warna tampilan agar tidak sama dengan blog lainnya yang menggunakan template yang sama. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon