logo blog

22 Oktober 2016

Beberapa Penyebab Yang Membuat Flashdisk Cepat Rusak

Ralabuma.com | Banyak jenis penyimpanan data yang biasa digunakan seperti flashdisk, hardisk eksternal, memori card dan masih banyak lagi. Pada umumnya jenis penyimpan data flashdisk lebih banyak digunakan. Selain berukuran kecil dan mudah dibawa juga simple dalam pemakaian. Namun tidak ada salahnya terlebih dahulu anda mengetahui penyebab apa saja yang membuat flashdisk menjadi cepat rusak dan tidak detect. Dengan mengetahui penyebabnya penulis jamin hal ini tentunya akan membuat flashdisk lebih awet.


Beberapa Penyebab Yang Membuat Flashdisk Cepat Rusak
Hal Yang Membuat Flashdisk Tidak Terdeteksi

Agar flashdisk menjadi awet terdapat beberapa penyebab yang membuatnya cepat rusak, yang diawali dengan tidak terdeteksinya perangkat tersebut.

Banyak jenis merek flashdisk yang beredar, mulai dari yang berharga mahal maupun murah. Perangkat flashdisk yang sekarang ini beredar tentunya memiliki peforma yang baik. Tidak peduli itu yang mahal atau pun murah yang terpenting adalah bagaimana anda merawat dan menjaga flashdisk tersebut dari kerusakan.

5 Hal Penyebab Flashdisk Mengalami Kerusakan   

Terinfeksi Virus, Flashdisk yang terinfeksi oleh virus tidak akan mengalami kerusakan, namun akan membuat flashdisk tidak bisa terdeteksi dengan baik dan menyebabkan data yang anda simpan akan hilang atau terhapus dengan sendirinya. Untuk memastikan data anda tidak hilang yang disebabkan oleh virus dengan menjadikan file data tersebut menjadi hidden (tersembunyi).

Anda bisa mengatasinya dengan melakukan scan virus dengan anti virus yang sudah melakukan update terbaru. Karena setiap saat yang namanya virus jenis baru sering muncul

Baca : Cara Mengatasi Virus Shortcut

Ceroboh Ketika Mencabut Flashdisk akan membuat flashdisk menjadi rusak. Saat akan mencabut flashdisk dari perangkat komputer sebaiknya anda mengikuti aturan pada windows agar aman saat melakukan eject (mencabut), jangan sembarangan main cabut saja, hal demikian dapat berpengaruh sekali pada data didalamnya.

Always On, flashdisk yang tertancap terus menerus pada suatu perangkat komputer akan membuat timbulnya gejala kerusakan. Artinya anda tidak pernah mencabut flashdisk tersebut ketika komputer hidup atau dalam keadaan mati.

Magnet, rusaknya flashdisk disebabkan anda tidak hati-hati ketika menaruh perangkat, bisa jadi disekitar area tempat anda menyimpan flashdisk terdapat magnet yang bisa membuat flashdisk rusak.

Pin Kuningan, dalam perangkat flashdisk terdapat pin kuningan yang akan disambungkan dengan port USB yang ada dalam perangkat komputer. Biasanya dalam proses koneksi antara flashdisk dan komputer anda menancapkannya dalam keadaan miring. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadi korsleting pada flashdisk maupun komputer. Jadi hati-hati ketikan anda menancapkan perangkat tersebut.

Lupa Menutup, jika flashdisk anda mempunyai penutup, sebaiknya anda menutup kembali, hal tersebut untuk menghindari dari masuknya debu dan air. Jika flashdisk tidak ada penutup, sebaiknya anda mencari cara bagaimana supaya flashdisk anda menjadi tertutup.

Kesimpulan :

Mencegah flashdisk supaya tidak cepat rusak tentunya 5 hal tersebut diatas bisa anda jadikan pedoman bagaimana cara menghidari hal-hal apa saja yang biasanya perangkat flashdisk menjadi rusak. Dengan melakukan perawatan secara berkala itu lebih baik daripada kehilangan data penting yang terdapat didalamnya.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon