logo blog

4 September 2016

Akibat Baterai Rawan Kebakaran Galaxy Note7 Ditarik

Perusahaan Samsung Electronics Co Ltd telah menarik semua produk smartphone Galaxy Note 7  yang dilengkapi dengan baterai,  karena menurut beberapa sumber bahwa baterai pada galaxy note 7 rawan terjadinya kebakaran sehingga mereka menghentikan penjualan sementara. Kepala perusahaan bisnis smartphone Korea Selatan Koh Dong-jin, bahkan menolak untuk mengomentari berapa banyak ponsel perlu diganti, namun memberikan tanggapan dengan mengatakan Samsung telah menjual 2,5 juta perangkat kelas premium sejauh ini. 


Akibat Baterai Rawan Kebakaran Galaxy Note7 Ditarik

Ketika memberikan tanggapan pada konferensi pers hari Jumat kemarin, Koh sendiri menyatakan penyesalan atas penarikan galaxy note 7, hal tersebut akan mempengaruhi pangsa pasar termasuk Korea Selatan dan Amerika Serikat. Namun Model baterai di Cina memiliki baterai yang berbeda dan tidak ditarik oleh Samsung, sebagai vendor smartphone terbesar di dunia.

Namun penarikan kembali terjadi hanya dua minggu setelah perusahaan meluncurkan ponsel premium terbaru ini, yang memiliki layar dan resolusi tinggi pada kamera outsized. Pabrikan berencana untuk mengganti ponsel tidak hanya dengan baterai yang rusak yang dijual kepada konsumen, tetapi juga persediaan pengecer dan unit yang masih dalam perjalanan. Nomura memperkirakan bahwa lebih dari 1 juta unit telah terjual kepada konsumen.

Menurut penelitian Strategy Analytics mengatakan biaya gabungan penarikan dan penjualan hilang akan memangkas $ 5.000.000.000 pendapatan smartphone Samsung tahun ini dan memotong margin keuntungan smartphone sebesar 1,5 persen. Skala penarikan kembali belum pernah terjadi sebelumnya untuk Samsung, yang membanggakan diri pada kapabilitas manufaktur. Sementara penarikan dalam industri smartphone bisa terjadi, termasuk untuk saingannya dari perusahaan Apple Inc. Terjadinya masalah merupakan pukulan telak untuk produk Galaxy Note 7 dan merupakan pukulan serius bagi reputasi Samsung, menurut para analis.


Perusahaan harus bertindak secara cepat untuk meminimalkan kerusakan pemulihan smartphone galaxy note 7, setelah serangkaian keberhasilan produk telah membalikkan penurunan pangsa pasar. Seperti diketahui ponsel ini pertama kali diluncurkan di 10 pasar ponsel di Amerika Utara, Asia dan Timur Tengah. Selanjutnya hal ini mulai terjadi sejak melakukan penjualan seperti di China, di mana penjualan dimulai hanya minggu ini. Ketersediaan stok yang lebih ditetapkan untuk minggu mendatang pun ditahan.



Meskipun cuma ada laporan beberapa kasus untuk laporan ponsel terbakar atau membakar pengguna, kasus yang terdokumentasi yang mengarah ke penarikan produk secara luas tetap relatif jarang. Samsung mengatakan terdapat 36 laporan yang terpengaruh dengan baterai pada Galaxy Note 7.



Informasi dari Operator terbesar di Jerman, Deutsche Telekom, mengatakan telah berhenti memberikan perintah melakukan penjualan Galaxy Note 7, sedangkan informasi dari Operator Prancis Oranye mengatakan pada situsnya bahwa mereka telah berhenti melakukan pra-penjualan telepon dan peluncuran ditunda yang dijadwalkan Jumat kemarin.

Namun jangan khawatir Samsung akan menggantikan model yang terkena dampak tersebut, dan tidak menawarkan perbaikan," katanya, dan hal ini akan menambahkan dan membantu kepercayaan pada konsumen.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon