logo blog

18 Agustus 2016

Seberapa Penting Memperbaiki Kesalahan 404

RALABUMA | Dalam sebuah situs web terdapat alamat url, namun jika Anda mengubah URL dari halaman yang ada di website Anda dikarenakan url tersebut tidak relevan dengan isi artikel, atau menghapus sepenuhnya, ketika pengunjung mengunjungi url tersebut hanya akan mendapatkan kesalahan  404 atau "File tidak ditemukan" saat mereka mencoba untuk mengakses halaman tersebut. 


memperbaiki kesalahan error 404 di blog
Mendapatkan URL yang salah, pengunjung akan mendapatkan kesalahan 404 ketika mereka mengklik link tersebut
Alasan lain jika halaman sudah menerangkan kesalahan 404 pada halaman di situs Anda maka hal tersebut tidak dalam kendali Anda. Katakanlah URL halaman Anda ralabuma.com dan ternyata ada situs lain yang membuat link ke halaman anda tersebut, tetapi dengan mendapatkan URL yang salah, pengunjung akan mendapatkan kesalahan 404 ketika mereka mengklik link tersebut.


Apakah Penting Memperbaiki Kesalahan 404

Adalah penting bahwa Anda harus memperbaiki kesalahan 404 yang akan membuat pengalaman buruk bagi pengunjung situs Anda, juga mungkin akan kehilangan juice dari Google. Google akan selalu memberikan poin untuk setiap link yang masuk, tetapi seandainya hilang link akan menunjuk ke tidak adanya kesalahan 404 dan memberikan link pada halaman depan situs anda.


Cara Melacak Hilang Halaman 404 pada Situs Anda

Jika Anda menggunakan Google Analytics, kemungkinan besar Anda dapat menggunakan layanan yang sama untuk  supaya mudah menyimpan melacak semua halaman 404 yang hilang pada situs Anda. 

Setelah menerapkan standar kode pelacakan Analytics pada situs anda, dan pastikan kode tersebut sudah ada di halaman web Anda, selain kode tentunya akan lebih bagus jika anda menambahkan baris tambahan tag script yang akan memungkinkan pelacakan untuk 404. Kode yang dimodifikasi akan menghasilkan tayangan laman virtual dalam laporan Analytics

Untuk mendapatkan laporan dari semua 404 halaman di situs Anda, pergi ke dashboard Google Analytics Anda dan pilih Perilaku -> Konten Situs -> All Pages. Berikut pilih rentang tanggal dan menempatkan atau 404 di kotak pencarian dan Anda akan tahu apa yang hilang dari situs Anda.


Pada Google Analytics sekarang menawarkan pelacakan secara real time, Anda akan tahu tentang halaman 404 di situs Web Anda apakah masih terjadi.


Temukan Kesalahan Halaman 404 dengan Webmaster Tools 

Jika Anda tidak menggunakan Google Analytics, atau jika Anda tidak perlu pilihan untuk memodifikasi kode di halaman web Anda, Anda dapat menggunakan Google Webmaster Tools untuk menemukan halaman 404 pada blog Anda. Setelah Anda menambahkan dan memverifikasi situs Anda dengan panel Webmaster Google, pergi menuju Dashboard -> Diagnostics -> Kesalahan Crawl dan pilih "Tidak ditemukan" pilihan.
Ada hal menarik lainnya untuk di simak Menghidari Kesalahan Memilih Template
Pada google webmaster tools anda akan melihat daftar semua halaman yang kembali kode status 404. Biarkan Google sementara itu berusaha untuk mengindeks situs Anda. Alat ini mungkin tidak menangkap setiap halaman tunggal yang hilang pada blog Anda.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon