logo blog

3 Agustus 2016

Menghindari Kesalahan Memilih Template Website

RALABUMA | Sudah barang tentu jika anda ingin membangun sebuah website anda pasti memerlukan template yang sesuai dengan keinginan anda. Dalam memilih template website tentunya banyak hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih lalu menggunakannya. Banyak  template gratis maupun template berbayar dengan harga yang sangat terjangkau dan menghemat banyak usaha dan waktu ketika Anda ingin membuat layout baru untuk membangun website Anda. 


Menghindari Kesalahan Memilih Template Website dan Blog
Berhati-hati dalam memilih template yang sesuai dengan audiens Anda
Namun perlu juga diketahui, banyak orang membuat kesalahan dalam proses memilih dan menggunakan web template dan berakhir dengan sesuatu yang tidak seperti harapan mereka. Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda menghindari kesalahan dalam memilih template website :


Cara Memilih Template Website

  • Carilah template yang responsif yang artinya bisa dibuka dari perangkat apapun. sekarang sudah zamannya mobilegeddon, jangan sampai website anda tidak bisa dibuka saat mereka membuka melalu perangkat seluler. Untuk contoh hal ini anda bisa mengeceknya pada situs responsinator
  • Usahakan yang telah lulus uji data terstruktur (baca pentingnya data terstruktur) berguna untuk melihat data kesalahan yang pada website anda seperti pengarang, tanggal artikel di posting dan hal lainnya. Jika penasaran anda bisa pergi ke alat pengujian dan Pageinsight
  • SEO Friendly dalam pengertian terdapat kode-kode tertentu dalam template agar konten anda nantinya bisa memperbaiki peringkat website anda. Jika anda ingin mengetahui berapa nilai SEO anda bisa menggunakan situs chkme dan ada lebih banyak lainnya untuk mengecek hal tersebut melalu mesin pencari.
  • Mobile Friendly tentunya ini harus anda pertimbangkan juga dengan mengeceknya pada situs google seperti pengujian situs mobile
  • Perlu juga diperhatikan memilih template yang valid HTML 5 dan waktu kecepatan website jangan sampai loading website anda mengalami keterlambatan ketika di kunjungi.
Dari hal tersebut yang sudah saya sebutkan diatas, anda akan menemukan hal-hal berikutnya yang bisa anda pelajari dalam memilih template website.


Jenis Kesalahan Dalam Memilih Template

  • Kesalahan ini sangat jelas bahwa mereka tidak menyadari memilih atau menggunakan template yang sangat populer. Dengan banyaknya orang menggunakan template yang sama, website Anda tidak mempunyai kredibilitas, situs web lainnya pun akan merasa ternoda. Dalam pengertian website akan muncul sebagai kamuflase seperti tetangga sebelah Anda. Jika anda menggunakan template yang sama sebaiknya anda modifikasi dari segi warna dan widget yang berbeda.
  • Memilih jenis template yang tidak sesuai dengan niche website itu sendiri, jika anda membangun website dengan niche berita tentunya akan banyak gambar yang ditampilkan, begitu pun dengan niche lainnya seperti tutorial, video, game, kesehatan dan sebagainya. Saya sarankan memilih template yang mempunyai kecepatan dalam hal loading. 
  • Memilih jenis template yang terlalu banyak script merupakan kesalahan lainya yang dapat mengakibatkan website anda ditinggalkan spider (perayap). Website anda tidak dapat terindeks, walaupun terindeks itu lama sekali untuk dirayapi, dan itu menyebabkan website anda sepi pengunjung.
Namun pada sisi yang berlawanan, jika template yang Anda beli adalah cocok tetapi beberapa perubahan harus dilakukan sesuai dengan tema situs Anda, maka Anda akan harus mengambil beberapa waktu untuk membuat perubahan. Misalnya, Anda dapat menemukan template yang sangat bagus yang sesuai situs hobi Anda, jika pembuat template telah menempatkan gambar banner pada header.

 Anda dapat mengganti gambar tersebut dengan tema website Anda. Namun, jangan hanya membuat perubahan yang diperlukan cobalah untuk mendesain ulang seluruh isi template sebisa mungkin.

Dalam beberapa keadaan, beberapa orang hanya membuat kesalahan dalam memilih template, dan akhirnya ada template lain yang menurut anda bagus dan menempatkannya pada website anda dan akan membuat website anda akan dirayapi ulang oleh spider. Ini adalah masalah yang sangat subjektif, tetapi Anda harus berhati-hati dalam memilih template yang sesuai dengan audiens Anda. Jangan memilih template hanya karena mereka cukup bagus di mata anda dan orang yang melihatnya.

5 komentar

makasi sarannya, emang memilih template gampang2 susah. ok keren blognya

iya..makasih banyak kang iwan

iya..makasih banyak kang iwan

Makin semangat ganti template premium gan... Terimakasih pencerahannya.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon