logo blog

4 Agustus 2016

Cara Mengecek Power Supply Komputer Tanpa Terhubung Mainboard

RALABUMA | Pada sebuah unit komputer terdapat Power Supply untuk menghubungkan arus listrik utama kepada mainboard komputer. Power Supply standar dalam PC Desktop pada zaman komputer Pentium 2 kebawah menggunakan jenis AT namun sekarang sudah berjenis ATX semua. Ada hal yang harus diperhatikan jika komputer anda mendadak mati. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan power supply dalam keadaan normal. Untuk mengecek power supply ada cara mudah untuk memastikan apakah power supply anda mati yang menyebabkan komputer anda mati mendadak.


Cara Mengecek Power Supply Komputer Tanpa Terhubung Mainboard
Tahapan untuk mengecek Power Supply ATX

Ada beberapa ciri jika komputer mengalami mati mendadak seperti dibawah ini :

  1. Mengalami Overheat pada processor
  2. Memori (RAM) kendor
  3. VGA Onboard Mati 
  4. Power Supply Mati 
Sesuai dengan judul diatas maka saya akan membahas cara mengecek power supply terlebih dahulu, untuk yang lainnya anda bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya :
Berikut ini adalah tahapan untuk mengecek Power Supply ATX :
  • Lepaskan Power Supply dari casing dan cabut semua kabel power supply yang terhubung ke mainboar 
  • Lalu anda siapkan kabel untuk menjumper
  • Kemudian anda masukkan kabel Power pada listrik PLN dan tancapkan pada power supply
  • Lalu anda ambil konektor Power Supply ATX  20 pin yang biasanya ditancapkan pada motherboard yang anda lepaskan tadi.
  • Anda Cari kabel yang berwarna hijau, untuk mengecek atau menghidupkan power supply sambungkan atau tusuk pin kabel warna hijau tersebut dengan kabel jumper yang tadi anda siapkan tadi pada pin kabel warna hitam.
  • Kemudian anda perhatikan apakah kipas Power Supply berputar ?Jika berputar berarti Power Supply tidak mati alias hidup.
  • Jika komputer masih mati sebaiknya anda ganti power supply saja
Catatan : Power Supply yang terbukti hidup belum tentu menandakan Power Supply tersebut akan berfungsi baik, mungkin saja saat power supply digunakan mengalami drop saat terhubung dengan mainboard.
Cara diatas hanyalah untuk memastikan saja apakah Power Supply benar-benar mati total. Saya sarankan anda mengganti power supply satu tahun sekali, kegunaannya untuk menjaga kinerja motherboard tetap optimal. Karena jika power supply mengalami drop saya pastikan juga itu akan membuat motherboard atau elemen lain didalamnya menjadi rusak. 

Itulah ulasan bagaimana cara mengecek power supply tanpa terhubung dengan mainboard, semoga bermanfaat. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon