logo blog

4 Juni 2016

Mengatasi Reply Comment Error Pada Blog Anda

Ralabuma Blogger - Reply comment error atau biasa disebut membalas komentar namun tombol balasan yang ada pada blog anda tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi tombol komentar yang bermasalah pada blog anda, ada beberapa panduan yang bisa saya sharing dalam artikel ini. 

Kebetulan beberapa hari lalu ada teman yang mengirimkan email kepada saya karena blog nya mengalami masalah tersebut diatas. Setelah menyelesaikan masalah tombol reply tersebut,  saya langsung menyadari bahwa mungkin lebih banyak orang mengalami masalah comment error tersebut, jadi saya berpikir saya akan menulis tutorial tentang cara memperbaikinya. 



Mengatasi Reply Comment Error Pada Blog Anda
Cara mengatasi tombol balasan pada kolom komentar yang tidak berfungsi atau bahasa keren nya reply comment error
Tentunya hal ini akan dapat menjadi rumit jika Anda tidak mengerti cara untuk melakukan editing HTML di blog anda, jadi silakan mengambil waktu Anda sebentar dan membaca petunjuk dengan teliti. Jika Anda masih mengalami masalah dengan tombol komentar, saya bersedia membantu anda.

Untuk kasus tombol komentar yang error ini, setiap blog tentunya tidak memiliki kode script yang sama, karena setiap template desain dan format HTML nya berbeda, tapi kebanyakan hampir sama pada dasarnya.



Periksa dan Aktifkan Threaded Comment Terlebih Dahulu

Penting ! Anda perlu memastikan bahwa blog sudah diatur untuk pengaturan komentar pada menu setelan dashboard blog anda. 


  • Pertama dan pastikan pengaturan sudah benar. 
  • Kemudian Buka Pengaturan - Lainnya - Feed Situs. Izinkan Feed Blog, pilih Custom dan mengatur Pre-Post Comment Feed umpan penuh. Sekarang pergi ke Pengaturan - Pos dan Komentar dan pilih untuk mengatur Komentar Lokasi Embedded atau tersemat.
  • Kemudian Simpan lalu refresh halaman anda selanjutnya tes tombol reply komentar nya
Jika belum anda bisa memilih option dibawah ini :


Menambah Tombol Balas atau Memperbaikinya

Buka Template - Edit HTML. Pilih Navigasi Widget - Blog1 dan cari baris berikut berikut :
<b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'/>
Kemudian anda ubah kode yang berwarna merah diatas dari Blog1 ke Blog2 . Dengan cara ini akan menghapus widget rusak dan mengembalikannya sehingga tombol reply berfungsi dengan baik lagi. 

Namun jika Anda menggunakan versi lama dari Blogger, Jika ada pertanyaan apakah Anda ingin menghapus gadget ini, katakanlah YA. Kemudian simpan template.


Dan jika cara diatas belum juga bisa memperbaiki tombol balasan kolom komentar blog anda, sebaiknya anda pakai metode ini..hitung-hitung anda belajar yah !



Dengan Cara Mengganti Semua Kode Script 

Jika perbaikan di atas tidak bekerja hal terbaik untuk dilakukan adalah mengganti kode script. Metode ini saya jamin akan bekerja 99,9%  tetapi perlu dilakukan dengan benar dan fokus. Berikut ulasannya :
  • Buat blog untuk tes saja dengan menggunakan template sederhana (atau default bawaan Blogger). Pergilah ke Template> Edit HTML. Pilih Navigasi Widget> Blog1. Lanjut di bawah ini Anda akan melihat berikut :
<b:includable  id = 'threaded-comment-form'  var = 'post' > ... </b:includable> <b:includable  id = 'threaded_comment_js'  var = 'post' > ... </b:includable> <b:includable  id = 'threaded_comments'  var = 'post' > ... </b:includable>

Script ini berkelompok, yang berarti bahwa jika Anda klik tanda panah hitam di sebelah kiri, bagian tersebut akan memperluas/bergulir untuk menunjukkan sisa kode script. Anda harus menyalin seluruh hal untuk semua tiga bagian itu dan tambahkan / menggantinya ke blog Anda yang asli di wilayah yang sama yang biasanya di bawah kode :

<b:includable id='status-message'> ... </b:includable>
Mungkin sedikit sulit jika Anda tidak mengerti kode HTML atau editor Blogger HTML, sehingga Anda haru berhati-hati.

Ini yang terpenting dengan membaca Pentingnya data terstruktur


Demikian ulasan tentang cara mengatasi tombol balasan pada kolom komentar yang tidak berfungsi atau bahasa keren nya reply comment error. Jika hal ini sangat membantu anda, silahkan share dan bagikan agar teman yang memiliki permasalahan yang sama bisa teratasi. Semoga Bermanfaat
 

7 komentar

Saya pernah mengalami hal seperti dalam kasus ini, dan akhirnya saya uprek uprek sendiri... terimakasih ya gan infonya.

sama-sama gan, tak jawab dewe komentarnya gan, adminnya sedang sibuk hahaha :D

sebentar lagi selesai..lebih bagus oprek sendiri bisa menambah ilmu hehe

kurang paham dengan langkah yang terakhir T.T

untuk mengedit kode HTML masuk Dashboard Blogger-Template-Edit HTML, untuk memudahkan pencarian kode atau akan mengganti kode ketik HTML yang dicari melalui "CTRL+F" pada keyboard dan ENTER (krusor mouse pada posisi di menu editor HTML). Trims

Gimana mau balas komentar di blog?
Masih bingung ini,, banyak kode di html

Diperlukan ketelitian untuk merubah kode HTML mas duli, coba saja dengan beberapa cara diatas. Sebelum merubah sebaiknya backup template terlebih dahulu. Terima kasih

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon