Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengoptimalkan Kinerja Memori Komputer

Cara Mengoptimalkan Kinerja Memori Komputer
Ralabuma | Memori Komputer atau biasa disebut dengan Random Access Memory (RAM) yang mungkin sudah Anda kenal sejak mengenal atau membeli komputer atau pun laptop. RAM merupakan sebuah memory utama yang digunakan untuk melakukan penyimpanan sistem sementara saat komputer dalam keadaan hidup. 


Fungsi adanya perangkat keras ini tidak lain adalah sebagai pendukung bagi processor untuk melakukkan segala proses baik sistem maupun aplikasi supaya optimal. Kecepatan dan kapasitas RAM memiliki hubungan yang erat sekali dengan kinerja komputer.

Sebagian pemakai Komputer PC mungkin sebelumnya anda pernah mengalami kinerja komputer yang sangat lambat, memori RAM yang anda pasang sudah lumayan besar namun kinerja dari perangkat komputer masih belum memenuhi keinginan dan dibawah standar. 


Mungkin saatnya anda perlu melakukan beberapa optimasi pada memori komputer anda. Saya sendiri telah melakukan beberapa langkah sederhana yang ternyata mampu meningkatkan proses kinerja memori komputer pada perangkat Anda.

Menggunakan Fasilitas Task Manager

Salah satu cara yang cukup simple mengatasinya adalah dengan menggunakan Task Manager yang ada pada sistem operasi di perangkat komputer Anda. Dengan menggunakan Task Manager anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada perangkat komputer Anda. 


Selain itu, hampir keseluruhan dari sistem operasi baik windows maupun unix mampu melakukan sorting dari urutan penggunaan RAM terbesar hingga yang terkecil



Untuk melakukan Akses pada Task Manager setiap sistem operasi memiliki cara berbeda. Misalnya saja untuk Windows Anda dapat mengakses Task Manager lakukan klik kanan pada start taskbar dan pilih Task Manager. 


Maka Anda akan mendapatkan window yang menampilkan monitor keseluruhan proses. Sedangkan jika Anda pengguna Linux, semakin banyak cara yang dapat Anda terapkan sesuai dengan lingkungan desktop yang Anda gunakan. 


Jika anda menggunakan linux dalam lingkungan desktop Unity maka untuk melakukan akses Task Manager hanya dengan mencari System Monitor (pada Linux setiap desktop environtment memiliki nama task manager yang berbeda).

Melakukan Disable pada Startup Apps

Langkah ini merupakan langkah Advance setelah Anda memantau seluruh proses yang berjalan pada komputer Anda. Aplikasi start up merupakan seluruh program yang otomatis akan dijalankan ketika komputer dihidupkan. Semakin banyak program yang di jalankan, tentunya proses juga akan makin berat.


Untuk mengatasi hal ini, anda cukup melakukan disable aplikasi startup. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8 Anda dapat melakukannya pada tab start up pada task manager, atau melalui msconfig jika Anda menggunakan sistem operasi windows 7.


Menggunakan Aplikasi pihak ketiga.

Pilihan dengan aplikasi pihak ketiga dapat digunakan tidak lain untuk mempercepat kinerja memori komputer atau RAM, namun Aplikasi yang harus Anda gunakan juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. 


Misalkan saja pada beberapa Antivirus yang sekaligus digunakan untuk tweak, namun Anda melakukan install aplikasi lagi untuk melakukan booster. Untuk aplikasi pihak ketiga, saya biasanya menggunakan CCleaner pada Windows sedangkan pada Linux (Ubuntu) menggunakan Ubuntu Tweak. 

Pilihan ini bukanlah yang terbaik, dan Anda bisa memilih selain daripada keduanya.

Kesimpulan Mengoptimalkan Memori Komputer

Dalam artikel kali ini mungkin bisa membantu kecepatan proses RAM Anda secara sewajarnya, bukan untuk melakukan overclock ataupun yang lainnya. Jika mungkin Anda merasa perangkat komputer masih belum terlalu optimal, anda cukup melakukan penambahan ataupun penggantian RAM ke yang lebih besar. Terima Kasih

2 komentar untuk "Cara Mengoptimalkan Kinerja Memori Komputer"

  1. makasih infonya, kebetulan komputer saya dah mulai lemot

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas rafi ...terima kasih :)

      Hapus