logo blog

19 Juni 2016

Cara Mengatasi Virus Shortcut

Cara Mengatasi Virus Shortcut pada Flashdisk, Komputer dan Laptop

Saya yakin komputer atau laptop anda pernah mengalami masalah dimana flashdisk maupun hardisk komputer kita terinfeksi Virus, sehingga data kita yang berupa folder hilang dan menjadi shortcut dan itu sangat mengganggu dan menyebalkan juga membuat anda panik, akhirnya tak ada solusi mengatasi virus shortcut ini akhirnya anda format dan instal ulang lagi. 
Cara Mengatasi Virus Shortcut

Sejak dulu hingga sekarang, Virus Shortcut yang kerap muncul pada Flashdisk, Hardisk atau media penyimpanan lainnya masih menjadi bagian dari para pengguna perangkat tersebut.

Pengertian mengenai Virus Shorcut ini adalah salah satu virus yang paling sukses di tahun 2010 dimana virus ini mampu menginfeksi ratusan juta komputer, karna virus ini dapat dengan mudah menginfeksi file yang memiliki format DLL dan EXE,  sekaligus merupakan program atau berupa file system pada windows. 

Virus ini juga paling sering menginfeksi komputer maupun laptop yang menggunakan windows xp, tapi sekarang juga mampu menginfeksi komputer yang menggunakan sistem windows 7, cuma prosentasinya rendah, dari segi keamanan windows 7 sangat baik, untuk windowa XP microsoft sudah tidak memberikan dukungan lagi pada sistem windows XP pada akhir tahun 2015. 

Beberapa Ciri Virus Shortcut

  • Jika virus ini sudah menginfeksi komputer anda, virus akan membuat file induk dengan nama (database.mdb) yang berada di folder (My Documents)
  • Virus ini akan membuat file (autorun.inf) pada setiap drive dan folder file anda, kemudian biasanya menginfeksi komputer dari sebuah flashdisk yang kebanyakan dari warnet yang tidak menggunakan anti virus
  • Kemudian virus akan membuat file (thumb.db) untuk (thumbs.db) pada drive atau folder anda merupakan file cache dari komputer anda yang asli. Jika thumb.db merupakan database dari virus, anda harus hati-hati dengan perbedaan nama yang akan mengelabui anda
Dalam menjebak korbannya, virus ini akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink disetiap folder drive. Jika anda mencoba untuk membuka file tersebut maka secara tidak langsung anda akan mengaktifkan virus shortcut tersebut. 

Untuk mengetahuinya buka Task Manager dengan klik kanan pada start taksbar lalu ask manager anda apakah ada file wscript.exe yang berjalan di system anda, jika ada matikan saja, karena dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi virus shortcut ini, tergantung sejauh mana virus ini sudah menyebar pada komputer anda, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan scanning virus. 

Untuk panduan cara menghilangkan virus shortcut di Flashdisk dan membahas cara menghapus virus shortcut, adalah sebagai berikut :

Cara menghapus dan menghilangkan virus shortcut di flashdisk dengan perintah command prompt atau "cmd"

  1. Masukan Flashdisk port usb Komputer anda, lalu buka Flashdisk tersebut.
  2. Kemudian buka pada jendela menu Organize dan klik Folder and search options
  3. Cheklis (aktif) "Show hidden files, folders, and drives" lalu Uncheck pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Jika muncul pemberitahuan anda klik Yes
Pada tahapan diatas biasanya folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul, hanya saja masih statusnya semi-hidden.

Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka :
  • CMD (Command Prompt) caranya anda ketikan CMD pada starmenu kemudian ada kolom search file, Setelah terbuka, ketika lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive D, berarti ketik D:
  • Untuk selanjutnya, anda ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, Kemudian tekan Enter
Panduan Mengatasi Virus Shortcut
Panduan Mengatasi Virus Shortcut

Sekarang saatnya anda cek Flashdisk, apakah semua folder sudah kembali dalam keadaan normal ? Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut anda tidak jelas dan tak pernah anda buat.

Jika cara-cara diatas tidak bisa memulihkan flashdisk anda, atau bingung dengan tutorial ini, sebaiknya anda menggunakan Anti Virus Lokal SMADAV versi terbaru, jika ingin lebih maksimal anda pakai yang pro saja. Itulah sekilas tentang mengatasi virus shortcut pada flashdisk, komputer dan laptop anda. Semoga bermanfaat 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon