logo blog

17 Juni 2016

Cara Mempercepat Loading Komputer dan Penyebabnya

Ralabuma | Dalam panduan kali ini saya akan menjelaskan apa saja penyebab loading komputer anda yang berjalan sangat lambat dan bagaimana mempercepat sistem komputer anda bekerja dengan baik dan normal seperti semula, khususnya bagi anda yang menggunakan system operasi windows 7. 


Cara Mempercepat Loading Komputer dan Penyebabnya

Beberapa Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Penyebab utama yang membuat komputer berjalan lambat adalah Software atau aplikasi yang terinstal dalam komputer anda. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi integritas dan kinerja sistem operasi dalam berbagai aktivitas. Dibawah ini adalah beberapa penyebab utama komputer menjadi lambat atau loading yang tidak normal :


1). Fragmentasi Hard Disk

Pada hard disk yang sempurna, setiap file yang ditulis dalam satu potongan yang bersebelahan dengan tidak ada ruang kosong di depan atau di belakangnya. Dalam prakteknya, bagaimana juga file tidak berjalan secara statis. Pasti akan selalu ada penambahan file baru, bertambah atau berkurangnya ukuran file yang ada, atau bahkan ada file yang dihapus, yang akan menyebabkan adanya ruang kosong diantara susunan file-file yang ada.

Fragmentasi adalah apa yang terjadi ketika file ditulis ke potongan-potongan kecil di ruang kosong di seluruh hard disk. Sistem file NTFS telah membantu mengatasi masalah ini yaitu dengan mengutamakan menyimpan data secara bersebelahan selama ruang hardisk yang cukup masih tersedia. Tetapi walau bagaimana juga fragmentasi hardisk akan bertambah banyak seiring dengan aktifitas kita menambah, mengedit dan menghapus file-file pada hardisk anda tersebut. 


2). Kapasitas Memori atau RAM Sangat Kecil

Yang menyebabkan komputer melambat adalah banyaknya aplikasi yang berjalan serta kecilnya kapasitas memory atau RAM yang terpasang. RAM atau Random Access Memory adalah bentuk penyimpanan data sementara untuk sistem operasi dan program yang sedang berjalan. Yang menjadi masalah adalah ketika jumlah memori atau RAM yang terbatas, maka Virtual Memory Manager akan memindahkan sebagian data ke swap file pada hardisk saat sistem mendeteksi jika kapasitas memori atau RAM berkapasitas kecil . 

Dalam proses swapping dari memori ke hardisk ini tentu saja dapat memperlambat sistem karena hard drive akan berjalan lebih lambat dibandingkan dengan media penyimpanan memory atau RAM tersebut.

Kesalahan lainnya adalah semakin banyak software aplikasi yang diinstal yang biasanya setiap software akan menambahkan sendiri ke Windows Auto Start dan tentu saja hal ini akan semakin membebani kinerja memory dan akhirnya bisa memperlambat sistem komputer kita. 

Ditambah lagi memaksakan program tersebut berjalan pada low memori padahal recomended aplikasi tersebut akan berjalan dengan kapasitas memori atau RAM dengan kapasitas besar atau tinggi.


3). Space Hard Drive Yang Tersisa Sangat Sedikit

Masalah ini berhubungan langsung dengan yang disebutkan sebelumnya yaitu Virtual Memory Manager VMM. Sistem Windows membutuhkan ruang untuk menyimpan data sementara pada hard drive. 

Ketika ruang yang tersisa pada sistem drive sangat minim, maka perangkat lunak dan seluruh sistem operasi menjadi tidak responsif atau komputer bisa jadi mengakibatkan hang atau tidak loading sama sekali. 


4). Komputer Telah Terjangkit Virus Malware

Malware adalah singkatan dari malicious software atau perangkat lunak berbahaya. Ini adalah bagian dari perangkat lunak yang biasa dikenal sebagai virus, adware, atau worm yang menginfeksi komputer dan memakan sumber daya sistem sehingga mengganggu dan dapat menurunkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Bahkan dengan terjangkitnya komputer anda, aktivitas anda akan lebih terganggu, mulai dari browsing pun akan mengalami hal yang tidak biasa, seperti anda tidak bisa masuk ke fasilitas tertentu misalnya milik google.


5). Pengaturan Konfigurasi Registry Windows

Hampir setiap komponen dari sistem operasi menyimpan pengaturan dan konfigurasi informasi dalam Registry Windows . Ini termasuk driver hardware, profil pengguna, dan aplikasi atau program dari pihak ketiga, Registry Windows adalah database hirarki yang kompleks dan terus dirujuk untuk informasi tentang sistem komputer. 

Masalah dengan database adalah bahwa entri akan menjadi usang. Software yang telah dihapus, misalnya saja anda dapat meninggalkan kunci registry yang tidak lagi memiliki fungsi apapun. 

Di sisi lain, proses instalasi program pada salah atau komputer yang crash dapat menyebabkan konflik atau rusaknya file registry terpenting. Masalah dengan registry ini akan menyebabkan komputer menjadi lambat karena kesulitan dalam menemukan informasi yang sedang dicari oleh sistem.


6). Masalah Hardware

Masalah hardware ini bisa bermacam-macam. Hadware atau perangkat keras dapat memiliki kerusakan atau mungkin ada konflik driver yang menyebabkan komputer melambat. Kasus seperti ini tidak bisa ditebak dan sering kali kita sulit untuk memecahkan masalahnya.

Kadang hadware yang anda pasang pada perangkat komputer tidak support dengan sistem yang anda gunakan namun anda memasangnya juga dengan menggunakan driver yang tidak support dengan sistem windows.  

7). Processor Mangalami Overheating

Dalam sebuah CPU komputer terdapat kipas (fan) yang berfungsi untuk mengalirkan udara untuk menjaga komponen hardware seperti CPU (Central Processing Unit), power supply, dan kartu grafis dari overheating (kepanasan). 

Kinerja komputer dapat menurun secara drastis jika Prosesor terlalu panas. Penyebab overheating ini biasanya karena fan Processor yang mati atau kotor atau tidak pernah anda bersihkan sehingga udara tidak masuk sepenuhnya dan menyebabkan komputer anda melambat bahkan menjadi mati disebabkan terbakarnya prosesor yang disebabkan oleh kipas yang mati.

8). Sharing Memori Dengan VGA Onboard

Jika komputer anda menggunakan sebuah kartu grafis dengan 'shared memory' biasanya memory yang onboard tidak mempunyai memori sendiri, tetapi berbagi dengan memori atau RAM . Jadi setiap kali komputer menjalankan suatu aplikasi yang membutuhkan visual yang bagus seperti game dan aplikasi multimedia maka share memori akan penuh sehingga apabila kapasitas RAM kecil maka akan membuat sistem lambat atau bahkan crash . 

Untuk menghindari hal tersebut maka disarankan untuk memakai kartu grafis yang mempunyai memori sendiri dalam arti kata anda harus membeli kartu grafis lagi secara terpisah.


Kesimpulan Cara Mempercepat Loading Komputer

Setelah mengetahui apa saja yang membuat loading komputer anda lambat, berikut cara mempercepat komputer anda supaya tidak mengganggu sebagian aktifitas anda :
  • Dengan anda melakukan defragmentasi bisa mempercepat loading computer anda karena dengan melakukan itu file-file computer anda akan tertata dengan rapih.
  • Salah satu cara mengatasi hal diatas tentunya anda harus merogoh kantong anda lebih dalam untuk membeli memori atau RAM agar komputer anda memiliki kecepatan yang normal. Untuk sekarang ini minimal untuk komputer standar anda harus memiliki kapasitas memori sebesar 2 giga byte (2 GB). 
  • Gantilah hard drive anda dengan kapasitas yang lebih besar sebaiknya jangan mencampur data anda dengan sistem, sendiri-sendiri lebih bagus
  • Belilah antivirus yang mempunyai repustasi bagus seperti kaspersky, dan pakailah anti virus lokal seperti smadav
  • Untuk meminimalisir overheating bersihkan bagian komputer anda minimal 3 bulan sekali, biasanya debu akan menutupi ruang ventilasi pada kipas prosesor, jika kipas sudah berjalan lambat sebaiknya anda ganti sebelum ada kerusakan lebih jauh.
  • Gunakan VGA Card yang terpisah dari mainboard, jika anda menggunakan VGA onboard shared memori 512 MB, maka jika anda menggunakan memory 1 GB otomatis memory yang anda gunakan sebesar 512 MB saja   
Demikian ulasan tentang mempercepat loading komputer serta mencari penyebabnya terlebih dahulu. Jika ada yang anda belum mengerti silahkan email atau melalui kolom komentar. Kami tidak segan-segan memberikan anda solusi yang terbaik dalam memecahkan masalah pada komputer anda. Terima kasih  

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon