logo blog

17 Juni 2016

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Error

Ralabuma | Pernahkah anda mengalami masalah dengan memory card yang tidak bisa terbaca atau mengalami error. Padahal di dalamnya terdapat data-data penting anda. Anda tidak perlu khawatir, sebelum membuangnya dan mengganti yang baru, anda harus periksa dulu apakah pada bagian software (program) atau hardware (perangkat keras). 

Kerusakan hardware pada kartu memory (memory card) mungkin terjadi karena gesekan dan juga faktor lainnya, sedangkan kerusakan atau error pada sofware terjadi dikarenakan pengaruh virus berbahaya dari perangkat komputer dan Handphone anda. 

Apalagi jika anda sering bermain ke warnet yang kebanyakan sumber virus biasanya berasal dari sana, dikarenakan komputer tersebut dipakai banyak orang dan bagi orang awam jika bermain diwarnet main klik saja, padahal link yang mereka klik adalah sumber virus yang meng-infeksi komputer tersebut.

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Error dan Terkena Virus


Sebelum anda mengganti atau membeli memory card baru ada baiknya ikuti cara lengkap memperbaiki kartu memory tersebut sebagai berikut :
  • Pertama anda keluarkan media card dari handphone 
  • Kemudian bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning emas dengan penghapus pensil. 
  • Lakukan secara perlahan sampe lempengan tersebut menjadi bersih.
  • Lalu anda masukkan kembali media card ke handphone anda dan lakukan pengecekan apakah sudah bisa terbaca dan bisa di akses !
Jika cara diatas belum bisa menangani memory card anda yang error tersebut, cobalah cara lainnya sebagai berikut :
  • Hubungkan Handphone anda ke komputer dengan memakai kabel data bawaan dari handphone
  • Setelah handphone anda terhubung dan terkoneksi dengan komputer , kemudian anda browse directory media card di windows explorer  lalu klik kanan pada mouse dan pilih Properties Tools dan anda cari menu Scan disk, tunggu sampe proses scan disk selesai.
  • Kemudian anda disconect dari komputer kemudian anda cek kembali apakah sudah terdeteksi ?

Mengatasi Memory Card yang Terinfeksi oleh Virus

Jika benar memory card anda terkena virus, anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Sebelum anda hubungkan handphone anda ke komputer, pastikan komputer anda sudah terinstal anti virus, supaya komputer anda tidak ikut terjangkit. 
  2. Buatlah folder baru di hard drive komputer sebagai backup folder media card.
  3. Kemudian anda scan dengan mengunakan dengan program anti virus yang sudah terinstal dari komputer anda 
  4. Copy semua file yang ada pada memory card dan paste ke folder yang anda buat sebelumnya
  5. Lakukan Hard format media card dgn cara klik kanan tombol mouse pada memory card dan pilih ‘Format’. Berikan tanda ☑ di tulisan FAT16. Tunggu sampai proses selesai.
  6. Kemudian anda disconet hubungan dengan komputer
  7. Masukkan memory card pada handphone anda, kemudian anda format kembali (dengan melakukan kedua format baik di komputer maupun handphone, untuk handphone sendiri agar sistem pada handphone biasanya akan melekat pada gadjet anda)
  8. Lalu anda hubungkan kembali handphone anda dengan komputer, kemudian copy kembali isi backup media card yg ada di backup folder komputer dengan catatan anda harus memilih file terpenting anda, karena yang anda backup tadi ada sistem sebelumnya bawaan dari handphone, ini agar virus tidak kembali masuk ke memory card anda. 
Sebelum anda melakukan cara-cara diatas, sebaiknya anda lakukan pengecekan pada sistem handphone anda terlebih dahulu, biasanya hal kecil ini suka terlewatkan, karena saya memakai blackberry jadi anda bisa ikuti langkah berikut ini :
  • Dari homescreen cari Option - Media Card
  • Kemudian posisi Media Card Support harus dalam keadaan ON
  • Lalu Mass Storage Mode Support dalam keadaan ON
  • Dan untuk Auto Enable Mass Storage dalam posisi YES
  • Kemudian anda Save dan Exit
Hal menarik lainnya untuk dibaca : Cara Memperbaiki Port USB Laptop dan Komputer

Demikian ulasan tentang cara memperbaiki memory card baik yang error karena terkena virus atau tidak terbaca (terdeteksi). Untuk hal lainnya seputar memory card anda bisa bertanya langsung lewat kolom komentar ataupun melalui email. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon