logo blog

19 Juni 2016

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak atau Error

Ralabuma | Hardisk merupakan komponen penting dalam komputer selain prosesor dan memori atau RAM. Apa yang terjadi apabila hardisk anda mengalami error ? Tentunya kinerja komputer akan terganggu secara keseluruhan, selain itu data anda yang tersimpan rapi di dalamya juga terancam hilang selamanya, padahal data itu sangat penting sekali bagi anda dan keluarga. Untuk mencegah terjadinya error pada hardisk, anda dapat melakukan pemeriksaan rutin dengan cara yang sangat mudah supaya terhindar dari kerusakan yang lebih parah. 


Cara Memperbaiki Hardisk Rusak atau Error
Cara Memperbaiki Hardisk Error atau Rusak

Cara Mencegah Terjadinya Kerusakan Hard Disk

Tujuannya tiada lain adalah mencegah terjadinya kerusakan hardisk di kemudian hari nantinya. Besarnya kapasitas hardisk yang anda miliki tidak akan berguna jika terjadi kerusakan di dalamnya. Sebaiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli perangkat hardisk baru, ada baiknya anda mencoba panduan mengatasi hardisk rusak berikut ini : 

Selain sangat mudah dilakukan, sistem windows secara otomatis akan memperbaiki error yang terdeteksi. Semua proses perbaikan akan berjalan secara otomatis, anda tinggal menunggu hasilnya saja.

Langkah-langkah berikut ini hanya bisa dijalankan jika komputer windows dalam keadaan normal, artinya sukses melakukan booting. Saya menggunakan windows 7, jika anda menggunakan windows lainnya jangan khawatir karena prosesnya tidak jauh beda.

Dalam melakukan pemeriksaan sebaiknya anda memulai dari drive data dahulu, kemudian untuk drive C tempat sistem windows terinstal, anda lakukan pemeriksaan paling akhir setelah semua drive selesai di check dikarenakan ketika karena proses pemeriksaan dan perbaikan drive C dilakukan selama proses start up artinya sebelum masuk ke windows.

Tutorial Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

  • Buka start menu, pilih Computer.
  • Pada jendela komputer, anda akan melihat daftar hardisk, ada drive C untuk sistem, drive D dan E untuk data
  • Kemudian Pilih salah satu misal D kemudian klik kanan pada drive tersebut lalu pilih properties.
  • Klik tools kemudian pilih check now (akan berjalan secara otomatis)

Setelah proses scan hardisk selesai, anda akan mendapatkan laporan error maupun perbaikan yang sudah dilakukan oleh sistem windows. Untuk mengantisipasi munculnya bad sector sebaiknya setelah anda melakukan pengecekan anda menuju ketahap kedua dengan melakukan Defragment now supaya data yang ada dalam hard disk anda tersusun rapi menempati ruang-ruang yang kosong, juga bisa mempercepat kinerja komputer anda.


Kesimpulan Memperbaiki Hardisk Error atau Rusak

Proses yang saya sampaikan diatas hanya bisa dijalankan jika komputer dalam keadaan normal. Jika masalahnya tidak bisa booting, hang atau hardisk tidak bisa dikenali, lakukan langkah sederhana dengan mencopot kabel ATA atau Serial ATA (SATA) kemudian anda pasang kembali, jika tidak terdeteksi juga anda coba untuk mengganti kabelnya.

Saran saya untuk melakukan pemeriksaan hardisk dengan metode ini secara teratur minimal 2 bulan sekali. Tujuannya adalah mencegah terjadinya kerusakan sistem, mengantisipasi munculnya bad sector serta mempercepat kinerja komputer secara keseluruhan.

Jika komputer anda sering hang, kinerja lambat (lemot) atau adanya bad sector,dengan metode atau tutorial diatas masalah cara memperbaiki hardisk error bisa diselesaikan dengan baik oleh cara ini. Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada hal tentang hard disk jangan ragu untuk bertanya, silahkan dikolom komentar untuk mendapat feedback balik. Terima Kasih

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon