Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Menganalisa SEO

Panduan Blog
Seberapa Pentingkah SEO dan Bagaimana Menganalisisnya ? Banyak sekali para blogger yang kebingungan belajar dan cara menganalisa SEO untuk website dan blognya. Saya sendiri kurang yakin bahwa SEO adalah alat untuk optimasi website dan blog anda. Banyak sekali blog yang membuat artikel tentang SEO termasuk saya sendiri. Namun disini saya berbeda sekali pendapat tentang SEO. Sebelum saya membuat blog ini pun dan menulis saya melakukan riset menganalisa SEO itu sendiri selama 1 bulan lebih.

Kesimpulan saya seperti artikel sebelumnya tentang Belajar SEO adalah 50 : 50. Kali ini saya akan memberikan beberapa petunjuk untuk anda dan silahkan anda sendiri yang menentukan seberapa pentingkah SEO untuk mengoptimalkan website dan blog anda.

Beberapa Kegunaan SEO antara lain adalah :

Sebagai Lalu Lintas Memperoleh Traffic

Beberapa pendapat para pakar tentang SEO adalah salah satu metode untuk memperoleh traffic tinggi ke blog Anda. Kebergunaan SEO adalah mendapat lalu lintas yang di telusuri dari mesin pencari itu tertarget dan potensial. Namun bukanlah soal mudah mendapatkan lalu lintas dari search engine, mengingat bahwa kompetitor kita tidak tinggal diam, mereka selalu mengoptimasi blog mereka setiap saat, maka dari itu Anda harus memiliki strategi kreatif agar mampu bersaing secara kompetitif. 

Walau kita tahu cara optimasi SEO membutuhkan waktu banyak dan usaha keras, namun dibalik usaha tersebut, akan meningkatkan penghasilan anda dikemudian hari.

Tidak memerlukan Biaya untuk Optimasi SEO

Kebergunaan SEO dari segi penjualan adalah salah satu strategi pemasaran yang paling hemat biaya karena target lalu lintas dari pelaku pencarian. Misalnya, saat Anda menulis tentang (cara belajar SEO) tentu pengunjung yang masuk ke dalam situs Anda orang yang benar-benar mencari informasi tentang cara belajar SEO bukannya yang lain, itulah yang saya sebut pengunjung tertarget. 

Lalu lintas melalui mesin pencari itu mudah dan gratis, tidak ada satu pun mesin pencari yang mengharuskan untuk membayar mereka agar situs tersebut mendapatkan peringkat baik. 

SEO untuk Mempermudah Menjual Produk

Jika Anda memiliki sebuah produk untuk di jual atau Anda menjual produk orang lain melalui program Afiliasi atau rekanan, SEO akan memudahkan Anda untuk menjual produk yang berkaitan dengan niche blog Anda. Selain itu Anda bisa mendominasi pesaing lainnya dari produk yang sama. Namun selalu di ingat produk dan layanan harus terjaga dengan kualitas baik, jika ingin bertahan dalam jangka panjang.

SEO untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Menurut beberapa para pakar, bukan hanya traffic yang tinggi yang akan Anda dapatkan dari setelah Anda optimasi SEO blog anda. Ini adalah fakta yang terjadi pada website dan blog yang memiliki peringkat pertama sering dijadikan referensi untuk blog lainnya. Jadi jika Anda tidak repot repot lagi membangun off page Anda. Anda lebih akan lebih banyak lagi memiliki waktu luang untuk yang lain. Seperti yang kita tahu backlink masih berperan peting untuk mendapatkan peringkat baik dan untuk mempertahankan blog Anda di mesin pencarian.

Untuk mengecek SEO Score SEO Analyzer atau pake chkme dan SEO Analyzer lainya yang gratis maupun berbayar hasilnya beda beda tipis. 

Website saya lebih bagus yah score nya, alexa rank nya kok beda jauh banget ! 

Yah karena saya belajar dari mereka jadi Score nya jadi bagus, untuk Alexa rank kalo saya daftarkan di Alexa Rank bisa langsung naik ke rank 7 juta, jadi saya tidak perduli apa itu Alexa Rank, klo buat acuan saja tidak mengapa !

Kok Google Page Rank nya mash pada kosong yah ? tapi kok di google penelusuran tetangga sebelah bisa page rank no 1 !

Tanyakan pada mbah google mengapa ? website tetangga sebelah tidak ter struktur malah di terima sebagai publisher adsense nya, sedangkan website anda yang sudah optimasi baik SEO, Template, maupun artikelnya malah tidak di terima ! Cuape dech

Jadi kesimpulannya menganalisa SEO apa yah mbak/ibu/bapak ?
Kan saya bilang 50 : 50 hihi, Jadi sangat pentingkah SEO. Saran saya lupakan SEO buat artikel yang menarik dan original insya Allah SEO yang mengikuti anda bukan sebaliknya, cuma 1 yang saya pegang dari si mbah google "Konten adalah Raja"

Maaf bila analisa saya menyinggung tetangga sebelah yang selalu berbicara SEO dan SEO sedangkan blog mereka saja tidak ada SEO nya sama sekali. Data menganalisa SEO saya setumpuk baik memakai yang gratis maupun berbayar, malah saya pernah membuat blog dengan 1 artikel, di template tidak ada menu apa apa lagi selain judul artikel itu aja bisa tampil adsense dalam 1 minggu dan saya biarkan selama 3 bulan mash tetap ada iklannya ! Hadeuh

Jika ada yang mau ditanyakan silahkan di kolom komentar, no spam saya hanyalah pemula yang belajar dari Anda sendiri. Silahkan anda nilai sendiri saja. Share jika artikel ini bermanfaat dan berguna bagi teman teman !

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Menganalisa SEO"