Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Persaingan SEO Blog Khusus Pemula

Mengatasi Persaingan SEO Blog Khusus Pemula
Semua blogger menginginkan blog mereka muncul di halaman pertama SERP, karena dengan posisi pertama, mereka bisa mendatangkan trafik akan lebih mudah. 
Ralabuma Blogger | Dalam mengatasi persaingan SEO saat ini sangat tinggi sekali apalagi khususnya bagi yang pemula dalam dunia blogging. Pengertian Search Engine Optimization (SEO) adalah bagaimana supaya artikel yang kita publish atau konten dan produk kita menjadi headline pada Search Engine Result Page atau disingat SERP yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari. Semua blogger menginginkan blog mereka muncul di halaman pertama SERP, karena dengan posisi pertama, mereka bisa mendatangkan trafik akan lebih mudah.

Dalam dunia blogging khususnya pemula yang mereka bayangkan untuk memulai membuat blog biasanya beli template yang bagus dan SEO, artikel yang panjang dan hasil copy paste (terlepas itu copy paste yang penting anda menyisipkan link credit bagi si pemilik artikel, kalau tidak maka anda akan dilaporkan oleh si pemilik artikel dan tinggal menunggu blog anda di banned oleh google, mempromosikan blog tidak memakai aturan dengan menaruh link halaman secara membabi buta di media sosial.

Dengan teknik dan pemikiran seperti itu tentunya tidak baik di mata google, sistem spider google memiliki kemampuan A sampai Z tentang blog anda. Pada artikel kali ini saya ingin membuat rangkuman bagaimana cara mengatasi persaingan SEO dan menjadi baik di mata google.   



Memulai Dengan Template Sederhana  Blogspot

Tidak ada larangan untuk memakai template yang bagus dan SEO Friendly, untuk memulainya cobalah memakai template yang sederhana, begitu pun dengan blog ralabuma ini, tadinya memakai template biasa dan tidak kurang lebih sebulan sudah di approve sama google adsense dan sempat tayang iklannya, karena saya pelaku bisnis untuk brand saya dalam bidang komputer sejak dahulu, maka saya jadikan blog ralabuma menjadi custom domain yang tadinya memakai embel-embel blogspot kini menjadi www.ralabuma.com. 

Dengan terstrukturnya data blog anda juga sangat penting, karena dengan terstrukturnya blog anda memudahkan spider google merayapi situs anda dengan mudah dan tidak ada kendala dalam perayapan atau meng-indeks blog anda.

Dengan menggunakan template sederhana tentunya loading blog halaman anda lebih cepat. Anjuran memakai template sederhana karena setiap kecepatan negara sangat berbeda beda. Mulai dari Edge, 2G, 3G dan 4G serta jaringan berkoneksi kabel optik yang memiliki kecepatan di atas rata-rata. Jika di Indonesia memiliki jaringan kecepatan tinggi secara merata mungkin dengan memakai template bagus tidak masalah karena didukung kecepatan tinggi loading halaman anda cepat terbuka.

Apalagi klo masih memakai platform blogspot yang otomatis memakai server dari google sendiri. Semakin banyak gambar kapasitas besar yang anda upload di blog maka semakin kecil pula peluang blog untuk menampilkan iklan adsense. Alasan konten tidak relevan dan terlalu banyak gambar.

Setelah blog anda banyak pengunjung dan baik di mata google, kemungkinan untuk mengganti template profesional sangatlah mungkin. Apalagi sekarang jamannya mobilegeddon, blog anda harus mobile friendly bisa dibuka hampir disemua gadjet baik android maupun windows dan IOS.   

Konsekuensi Meningkatkan Blogspot menjadi Top Level Doman (TLD)

Konsekuensi meningkatkan kepada Top Level Domain adalah akun adsense yang telah di approve harus didaftarkan kembali menjadi akun non hosted. Untuk review aku hosted membutuhkan waktu sekitar 6 bulan sesuai kebijakan dari google sendiri, dalam arti pengertiannya bagaimana google ingin melihat keseriusan anda dalam membangun sebuah blog atau website. Jadi jangan menganggap hanya menunggu 6 bulan lalu anda tidak posting artikel lagi, tidak begitu ! minimal anda harus membuat 1 sampai 2 artikel yang memadai dan bagus di mata google maupun pembacanya.

Meningkatkan Blogspot menjadi domain bertaraf TLD memang suatu kebanggaan bagi pemiliknya. Namun jika tidak di monetisasi dengan baik apalagi malas dan tidak mengembangkannya secara serius apalah artinya memiliki domain TLD jika anda tidak serius untuk membuat blog anda lebih terkenal.

Peluang dengan memakai blog bertaraf TLD sangatlah baik di mata para advertiser untuk menjadikan blog kita sebagai publishernya. Dengan bertaraf TLD blog anda sebagai publisher brand iklan mereka akan baik di mata google dan advertiser.

Persaingan SEO untuk Blogger Pemula 

Tidak mudah bagi pemula untuk bersaing SEO dengan mereka yang sudah malang melintang di dunia blogger. Persaingan SEO yang sangat ketat akan membuat para blogging pemula mengalami kesulitan. Saran saya buatlah konten yang menarik, semakin bagus dan semakin banyak yang melihat maka secara perlahan artikel anda akan menaikan SERP di google penelusuran. 

Dengan mengikuti persaingan SEO tidaklah membantu blog anda naik di mesin SERP. Sebagus apapun artikel anda tidak akan secara langsung naik menjadi Page one, tapi secara perlahan akan naik jika artikel anda memang bagus, contohnya saja jika anda mencari sesuatu di penelusuran tentunya bukan artikel baru melainkan artikel lama yang muncul.  


Berita baiknya bagi Blogger khususnya pemula jangan pusingkan masalah SEO, karena saat ini dari sumber googlenya sendiri bahwa Meta, Heading Tag dan Deskripsi Penelusuran tidak berlaku lagi dan sudah waktunya ditinggalkan, karena banyak para blogging memanfaatkan tag tersebut dengan memasang kepadatan kata kunci dan di anggap spame. 


Deskripsi penelusuran dan Meta tag secara otomatis dibuat oleh template blogger yang sudah SEO dan Friendly baik yang gratisan maupun berbayar. Namun terlepas dari pernyataan tentang meta tag dan deskripsi penelusuran sebaiknya anda pakai saja toh itu tidak terpengaruh sama keamanan blog anda dan hanya untuk berjaga-jaga saja, karena setiap mesin penelusuran berbeda-beda dan bukan google saja, ada bing, yahoo, yandex dan lainnya. 

Share jika artikel ini bermanfaat untuk yang lainnya dan berkomentarlah atau jika ada yang mau menambahkannya silahkan di kolom komentar. Terima Kasih

11 komentar untuk "Mengatasi Persaingan SEO Blog Khusus Pemula"

  1. bagus banget artikel nya, bisa di cerna dengan baik oleh saya..trims mbak..saya fokus artikel aja dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga mbak sudah berkunjung

      Hapus
  2. kok bisa yah mbak saya lihat baru beberapa jam publish saya ketik keyword mengatasi persaingan seo blog udah jadi page one..ijin share yah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak..silahkan terima kasih

      Hapus
  3. artikel yang baik juga bisa meningkatkan peringkat di google kan mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, SEO bisa kalah dengan artikel yang bagus, jika ingin bersaing dengan para pakar SEO, buatlah artikel yang bagus ! sekarang jamannya Trust Rank bukan Page Rank lagi..salam blogger

      Hapus
  4. wow keren bisa rank 1 ni artikel

    BalasHapus
  5. Kalau cara rank 1 untuk kontes SEO gimana caranya mastah??. Mohon balasannya, kalau bisa ke G+ atau email yah. Langsung bakal tak terapin elmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Tetra Anjani..semuanya sudah saya jelaskan dalam blog ralabuma ini..semoga sukses

      Hapus