logo blog

12 Mei 2016

Cara Mudah Merakit Komputer Terkini

Panduan Belajar Merakit Komputer 


Merakit komputer sendiri jauh lebih baik, sekalian anda belajar dan tentunya akan lebih mudah, murah dan efisien. Tidak perlu mahir tapi jika anda mempunyai niat tentunya anda bisa merawat komputer sendiri tanpa mengeluarkan biaya ekstra untuk menggunakan jasa service. Dan keuntungannya anda pun tidak bisa di bohongi jika memakai jasa service tentang kerusakan komputer itu sendiri. Minimal anda mengetahui dasar dasar perangkat kerasnya (hadware) dan perangkat lunak (sofware) serta pendukung lainnya. Nah apa saja yang diperlukan untuk  memulai merakit komputer ? berikut ulasannya :


Ralabuma Computer
Panduan Merakit Komputer By Ralabuma

1. Memory untuk Komputer

Memory pada umumnya untuk mengatur kecepatan komputer, biasanya kalau loading komputer lama itu disebabkan karena anda memakai memory dibawah standar. Jika memakai windows 7 minimal anda harus memakai dengan kapasitas 2 GB. Ada banyak sekali memory yang merek standar dan high quality. Namun saat ini standar memory yang biasa pun udah sangat bagus. Apa saja yang harus diketahui ketika anda membeli memory ? Ketika anda membeli memory anda harus melihat spesifikasi dari mainboard anda, biasanya sudah tercamtum dalam buku panduan mainboard seperti anda di intruksikan harus memakai jenis memory yang kecepatan 2100, 3200 atau 4200. Jika anda salah membri memory biasanya tempat untuk dudukan memory tidak akan cocok dengan mainboard anda dan jika pun cocok maka komputer tidak akan tampil dengan memberi sinyal pada speaker mainboard yang ada.


Ralabuma Computer
Jika memakai windows 7 minimal anda harus memakai dengan kapasitas 2 GB


2. Prosessor Komputer

Pengertian Prosessor adalah otak dari komputer seperti halnya manusia yang mampu berpikir. Prosessor sendiri harus dipasang pada mainboard. Untuk memasang prosessor sangat mudah tinggal anda tancapkan saja di kotak yang disediakan dalam mainboard. Hati hati cara memasangnya jangan sampai jarum prosessor patah, jika patah maka anda harus menggantinya dengan yang baru.


CPU Unit
CPU / Processor


3. Mainboard Komputer

Mainboard adalah mesin dari komputer itu sendiri dimana mulai dari Memory, Prosessor, Hardisk, VGA Card dan Power Supply juga accesories lainya seperti Wifi, Bluetooth dan Landcard (untuk koneksi jaringan antar komputer)


Mainboard
Motherboard

Lihat juga Beberapa Jenis Jaringan Komputer


4. Hardisk Komputer

Pengertian Hardisk adalah untuk penyimpanan data untuk penyimpanan sistem maupun data data anda. Jika anda ingin membagi dua hardisk dimana drive C untuk sistem dan D untuk Data. Misalnya kapasitas hardisk anda 500 GB maka anda bagi dua saja, maksudnya bukan dibelah pake pisau yah hehehe. Jika belum bisa membagi dua saat penginstalan berlangsung maka anda instal saja dahulu, setelah proses instalasi selesai cukup anda cari sofware Partition Magic untuk membaginya.


Ralabuma Computer
Hardisk


5. VGA Card Komputer

VGA sendiri adalah untuk koneksi ke Monitor dimana VGA ini ada 2 jenis Pertama yang terpisah dari mainboard dan ada yang sudah tertancap di mainboard yang biasa di sebut onboard. Jika mempunyai budget lebih sebaiknya anda membeli VGA secara terpisah. Soalnya jika memakai VGA onboard maka jika memory yang anda pakai kapasitas 2 GB maka yang akan tampil di monitor kapasitas memory tidak akan 2 GB bisa 1 GB atau 1.5 GB, soalnya sudah dipotong atau di sharing ke VGA onboard sebanyak 1 GB sampai 512 MB tergantung anda setting di BIOS berapa memory yang akan anda share untuk VGA Onboard.


Ralabuma Computer
VGA Card


5. Casing Komputer

Casing adalah rumah untuk melindungi hadware perangkat anda, dimana didalamnya terdapat power supply yang harus anda tancapkan pada mainboard.


Ralabuma Komputer
Casing


6. Monitor Komputer

Monitor sendiri adalah perangkat untuk menampilkan gambar tampilan yang ada dalam program maupun sistem.


Ralabuma Computer
Monitor

Bagaimana Cara Merakitnya ?


Disini saya akan memberikan caranya lewat tulisan dahulu, jika ada waktu video nya saya akan release.
  1. Hal yang anda lakukan adalah membuka Casing
  2. Kemudian anda pasang mainboard, tapi sebelum itu pasang baut yang pas antara lobang baut casing dan mainboard. Setelah pas kemudian anda pasang mainboard dan asesories belakangnya yaitu panel untuk mouse keyboard dan lainnya
  3. Setelah itu anda tancapkan memory pada slot yang telah disediakan pada mainboard
  4. Kemudian anda atur kabel yang dari casing untuk tombol power dan reset. Ikuti petunjuk yang ada di ujung kabel dengan adanya tulisan (HDD, Power, Led dan lainnya) tancapkan sesuai tulisan yang ada di mainboard. Kemudian anda tes nyala dahulu, tentunya anda harus memasang keybboard, Mouse, Monitor dan power dibagian belakang CPU. Jika belum menyala maka ada kesalahan dalam pemasangan tombol powernya.
  5. Jika sudah menyala, saatnya anda memasang hardisk (ingat jangan memasang hardisk saat test menyala, karena itu akan menimbulkan kerusakan dalam perangkat hardisk di dalamnya dan akan mengakibatkan Bad Sector)
  6. Setelah semua terpasang kemudian anda siapkan OS sistem misalnya anda memakai CD windows 7 maka anda harus setting BIOS diarahkan ke Boot pertama CD (pengertiannya saat komputer menyala maka sistem akan membaca CD, tapi jika anda memakai Flashdisk maka boot pertama anda pindahkan ke Boot Flashdisk) untuk masuk bios biasanya F2 tergantung intruksi tampilan yang ada di monitor. Setelah masuk BIOS anda setting tanggalnya juga yah !
  7. Untuk menyimpan settingan BIOS ada menu save atau F10 kemudian Yes
  8. Setelah itu proses intalasi dimulai ikuti petunjuk selama dalam intalasi sistem windows.
  9. Setelah selesai tampil windows anda keluarkan CD windows dan kembali pada sistem BIOS, kemudian pada BOOT pertama anda arahkan ke HDD atau hardisk. Nah kini instalasi selesai
  10. Kemudian anda instal program lainnya seperti Microsoft Office dan lainnya. Dan lakukan Update terbaru dari windows 7

Catatan : 

JIka dalam proses test nyala tidak tampil terus di ikuti ada yang bunyi dengan nada panjang putus itu tandanya anda belum pasa memasang memory, jika bunyi pndek putus putus anda belum pas memasang VGA card. Solusinya anda cabut dan tancapkan kembali.

Demikian yang bisa saya jelaskan disini tentang cara mudah merakit komputer. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar. Bagikan jika ini bermanfaat ! Terima kasih

2 komentar

Ngomong-ngomong soal ngerakit kompi,,, jadi pengen ngerakit PC yang speksnya ekstream...

yang monitornya langsung 3 mas xixixi

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon