logo blog

25 Mei 2016

Cara Mengatasi Lampu Monitor Komputer Berkedip Cepat

Penyebab Indikator Lampu Monitor Komputer Berkedip dengan Cepat

Ralabuma | Pada saat menyalakan monitor CRT (tabung), LED indikator menyala namun berkedip dengan cepat dan tidak tampil. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan berbagai macam hal. Namun yang paling saya sering alami adalah terdapat dua buah masalah yang paling berpengaruh dan menyebabkan LED indikator monitor tersebut berkedip dengan cepat dan monitor tersebut tidak dapat menyala. Saya akan jelaskan penyebab dan cara mengatasi lampu monitor berkedip cepat.


Cara Mengatasi Lampu Monitor Komputer Berkedip Cepat
Ulasan tentang bagaimana mengatasi dan mencari penyebab lampu LED monitor anda  berkedip cepat dan tidak bisa menyala atau tampil

Rusaknya Transistor penyebab monitor komputer Tidak Bisa Menyala

Ada kemungkinan rusaknya transistor horisontal yang mengakibatkan monitor anda tidak menyala, sehingga menyebabkan tegangan B+ yang menuju PlayBack menjadi loss sinyal tanpa trigger dari kaki basis transistor horisontal, agar arus DC tersebut menjadi sebuah arus AC yang sesuai dengan kebutuhan PlayBack agar supaya tegangan tinggi yang dihasilkan menjadi mempunyai daya yang cukup. 

Jadi jika transistor ini rusak maka arus DC dengan mudah masuk ke lilitan PlayBack, dengan adanya hambatan yang sangat kecil dari lilitan playback tanpa adanya getaran arus AC, maka beban yang di tahan dari trafo switching pun sangat besar sehingga membuat tegangan drop dan akan  merestart proses kembali dan akan berlangsung berulang ulang sehingga LED indikator tampak seperti berkedip dengan cepat. 

Kapasitor Terbakar Mengakibatkan Monitor Komputer Tidak Menyala

Kedua adalah terbakarnya kapasitor pada jalur tegangan terpenting seperti tegangan daya 5 volt. Kapasitor berfungsi sebagai filter tegangan ripple agar bisa membuat seminimal mungkin terjadi gelombang tegangan. Jika kapasitor ini terbakar atau rusak maka akan mengakibatkan tegangan yang bergelombang atau sering kita sebut dengan tegangan yang tidak stabil (turun naik) bisa disebabkan karena jaringan listrik rumah anda mengalami lonjakan pemakaian. 

Dan pada IC akan terdapat tegangan minimum dan maksimum yang menjadi standar pabrikan. Jika tegangan tidak stabil ini mencapai tegangan minimum dari sebuah IC tersebut maka mau tidak mau IC akan mengalami proses restart kembali pada saat tegangan mencapai batas aman dari IC tersebut yang membuat LED indikator nampak berkedip cepat dan tidak dapat menyala dari monitor tersebut. 

Referensi untuk anda yang mendapatkan masalah seperti ini ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu bagian mana yang rusak atau terbakar. Saya sarankan untuk pemeriksaan di awal, periksa kembali kondisi fisik dari setiap komponen tersebut dengan menggunakan alat tester.

Cara Mengatasi Monitor yang berkedip cepat dan tidak menyala

  • Periksa Tegangan pada jaringan listrik rumah anda apa stabil
  • Periksa kondisi pada mainboard monitor anda
  • Periksa kapasitor apa ada yang menggelembung jika anda harus menggantinya
Ada hal lainnya seperti cara mengatasi monitor LCD Laptop
Itulah ulasan tentang bagaimana cara mengatasi dan mencari penyebab lampu LED monitor anda  berkedip cepat dan tidak bisa menyala atau tampil. Jika ada hal yang ditanyakan silahkan dikolom komentar. Share jika ulasan ini bermanfaat ! Terima kasih 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon