logo blog

8 Mei 2016

Cara Mengatasi Computer Terkena Serangan Virus

Beberapa Panduan Jika Computer Anda Terkena Virus




Panduan kali ini saya akan membagikan cara yang efektif mengatasi dan melindungi komputer yang terkena serangan virus berbahaya dan tak terlihat yang namanya VIRUS. Kalian sudah pasti kenal yang namanya virus. Efek yang ditimbulkan dari virus memang beragam, mulai dari melambatnya komputer maupun internet, aplikasi yang tidak bisa dibuka. Bahkan yang parah, bisa membuat komputer kita menjadi komputer zombie yang bisa dikendalikan orang lain.


Terkena Serangan Virus
Efek yang ditimbulkan dari virus memang beragam, mulai dari melambatnya komputer maupun internet, aplikasi yang tidak bisa dibuka

Cara yang saya bagikan ini sebaiknya anda terapkan daripada sering menginstall ulang komputer yang terjangkit karena virus. Langsung saja inilah cara jitu melindungi komputer anda dari ancaman virus yang telah saya rangkum dari berbagai sumber dan dari pengalaman saya sendiri. 

1. Gunakan Antivirus

Pertama dan yang paling penting adalah menggunakan anti-virus, anti virus ini melindungi seluruh kegiatan komputer kita mulai dari serangan worm, trojan, dan virus-virus lain. Dia juga bisa memindai seluruh virus yang ada di komputer kita, baik itu dari flashdisk, DVD, atau aktifitas email yang keluar masuk dari komputer kita. Tapi ada syaratnya supaya fungsi antivirus berjalan maksimal adalah sebagai berikut :
  • Pastikan antivirus anda telah disetting untuk mengetahui dan mengupdate virus-virus model terbaru atau bisa dikatakan bahwa antivirus anda adalah versi terakhir. 

  • Jangan membuka kotak masuk email anda tanpa diketahui jelas siapa pengirimnya dan apa isinya karena email adalah tempat penyebaran virus yang efektif 

  • Selalu lakukan scan terhadap removable disk seperti flashdisk, CD-DVD, harddisk external yang terkadang mengaktifkan fungsi autorun. Atur agar antivirus anda otomatis menscan setiap flash disk yang masuk ke computer anda.
  • Cobalah memakai kombinasi antara Antivirus luar negeri seperti Avira, AVG, Kaspersky ataupun Symantec dengan AV lokal seperti SMADAV. Saya sarankan karena itu semua adalah AV terbaik yang saya tahu.
Catatan : Instal anti virus cukup 1 saja, jika mau tambahan pake Smadav supaya tidak terjadi conflict dan loading sistem jadi melambat.  

2. Waspada Terhadap e-mail yang berada pada folder SPAM

E-mail adalah satu cara penyebaran virus yang paling mudah dan paling berbahaya. Pastikan anda membuka e-mail dari sumber yang dapat anda pastikan kebenaranya. Jika e-mail yang anda dapatkan berasal dari sumber yang anda tidak ketahui atau tidak berasal dari daftar kontak yang anda miliki, segera hapus e-mail tersebut. Pastikan daftar SPAM yang masuk segera dikosongkan. Jangan sekali kali untuk membukanya. Jangan pernah membuka lampiran yang disertakan dalam e-mail dari sumber yang tidak diketahui dengan baik. Meskipun lampiran file yang disertakan adalah format file yang jarang membawa virus seperti .txt, .jpeg, .gif, .bmp, .tif, .mp3, .htm, .html, and .avi, namun pastikan anda melakukan scan terlebih dahulu.

3. Usahakan update dan upgrade sistem operasi (OS) yang anda gunakan jika OS tersebut original

Perkembangan sistem operasi terbaru dari microsoft, karena semakin baik versi OS anda semakin baik sistem keamanannya. Bagi yang masih nyaman dengan Windows 95/98/ME/NT saya sangat sarankan update ke yang lebih tinggi, paling tidak ke versi Windows 7 atau 8. Untuk windows XP, memang terdapat alasan tersendiri untuk mempertahankannya, untuk itu sebaiknya anda update ke Windows XP service pack (SP3) terkini. Usahakan memasang security patch untuk menutupi celah kebobolan (tidak wajib). Dan untuk melakukan update otomatis, OS yg anda gunakan haruslah versi asli bukan bajakan. Jika tidak bisa, gunakan OS yang gratis seperti Linux.
Catatan : Saat ini dukungan untuk Windows XP sudah di tiadakan, saran saya upgrade ke windows 7 saja supaya loading komputer anda tidak begitu lama.

4. Aktifkan Sistem Firewall 

Firewall sedikit banyak membantu kita melindungi komputer kita dari ancaman hacker, worm ataupun spyware. Bagi pengguna windows, gunakan Windows Firewall ataupun program firewall lain yang gratis ataupun berbayar yang banyak tersedia di google seperti Agnitum Outpost Firewall, Checkpoint Firewall dan yang gratis seperti Comodo Firewall dan Sunbelt Firewall. Dan khusus pengguna broadband, pastikan router yang anda gunakan mendukung Firewall.

5. Waspadalah terhadap Spyware

Spyware adalah semacam program kecil yang mendekam di komputer yang merekam kegiatan tertentu yang dilakukan oleh pengguna ( Ini seperti fungsi Keylogger yang merekam kegiatan keyboard).


Berikut cara mudah untuk menghindari masuknya spyware ke komputer anda :

Waspada terhadap file apapun yang anda buka atau download dari internet. Apabila sewaktu ataupun setelah didownload muncul peringatan yang terlihat asing, langsung saja close (kecuali anda mengerti apa maksud peringatan itu)
Jangan menginstall sembarang aplikasi yang tidak jelas siapa pembuatnya, biasanya anti virus akan memberi peringatan jika website yang anda kunjungi bermasalah
Jangan sembarangan berkunjung ke situs yang memiliki resiko tinggi. Seperti situs porno ataupun tentang hack-menghack yang biasanya mengandung bahaya.
Jangan melakukan klik pada jendela pop-up yang ditampilkan. Misalnya pemberitahuan bahwa anda adalah pemenang sebuah undian atau klik beberapa kali maka anda akan menang sebuah undian. Sebenarnya itu adalah program jahat yang otomatis akan mengirim trojan atau spyware ke komputer anda. Anda dapat menggunakan fitur atau program otomatis blok pada pop-up yang akan ditampilkan. Fitur ini biasanya sudah disertakan dalam web browser yang anda gunakan.
Jika sudah terkena spyware bisa menggunakan antispyware seperti Windows Defender ataupun Spyboot search and destroy, spyware doctor/terminator,dll. Scan seluruh komputer dan setting utk melakukan scan otomatis setiap hari.
Baca juga Bagaimana Cara Membuat Password 

6. BackUp data penting yang anda miliki

Gunakan CD/DVD utk memback up data-data penting anda agar tidak terkena virus. Hal ini karena CD/DVD hanya bersifat read only (hanya dapat dibaca). Pastikan dahulu, sebelum dimasukkan ke dalam DVD, file atau DVD harus bersih dari virus. Tidak ada gunanya dibackup kalau tetap ada virusnya !

Sekian berbagai tips dan Cara Mengatasi Computer Terkena Serangan Virus. Semoga bermanfaat dan dapat berguna untuk anda. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya. Bagikan jika ini BERMANFAAT !!!

2 komentar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon