logo blog

22 Mei 2016

Cara Memperbaiki Port USB Laptop dan Komputer

Ralabuma Troubleshooting - Banyak yang mengalami Port USB tidak terdekteksi, dan mungkin membuat sebagian pengguna merasa kesal dan jengkel akan hal ini. Pengalaman beberapa pengguna berulang kali menghubungkan port USB yang bermasalah ke slot port usb yang telah tersedia, bahkan slot port usb yang pertama, kedua, dan seterusnya pada perangkat laptop dan komputer Anda. Kemungkinan tidak terdeteksi disebabkan terjadi kerusakan pada port usb tersebut, tapi sebelum memperbaiki port usb, perlu pengecekan terlebih dahulu apakah mengalami kerusakan atau hanya kesalahan teknis biasa saja. 

Untuk melakukan proses pengecekan, cukup mudah. Berikut selengkapnya juga akan saya sajikan bagaimana cara mengatasi port USB pada laptop dan PC komputer anda yang tidak terdeteksi atau bermasalah. Berikut ulasannya :

Cara memperbaiki Port USB Laptop dan Komputer
Cara mengatasi port USB pada laptop dan PC komputer anda yang tidak terdeteksi atau bermasalah


Jika port USB laptop atau pun komputer anda tidak dapat mendeteksi seluruh perangkat yang telah dihubungkan, cobalah untuk melakukan beberapa langkah pengecekan berikut ini. 
  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah hanya pada salah satu port USB saja yang tidak berfungsi atau semuanya. 
  • Kedua, setelah diketahui hanya satu atau semua port USB, maka jika memang seluruh port USB tidak berfungsi tidak lain adalah karena port USB di dalam pengaturan (setting) BIOS masih disable (tidak aktif). Untuk mengaktifkannya, caranya cukup mudah. (khusus pada komputer jika port usb di panel depan casing tidak ter koneksi pastikan kabel yang berhubungan dengan port usb telah tersambung dengan motherboard anda)
Hal pertama yang harus dipastikan untuk mengatasi usb port yang tidak terkoneksi adalah :

Cara Mengaktifkan Port USB Laptop dan Komputer

Setting Bios Port USB sudah dalam keadaan aktif

  • Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan me-restart laptop Anda. Saat melakukan proses POST (Power On Selft Test) atau ketika komputer menyala, maka dengan segera tekan tombol “Del” pada keyboard (tombol masuk bios tidak selalu tombol del, F2 juga ada sesuai intruksi yang muncul dilayar . Ini dilakukan untuk menampilkan pengaturan BIOS.
  • Apabila sudah berhasil masuk ke BIOS, maka masuk pada bagian Power Management, Kemudian pilih “Enable”pada USB Port.
  • Kemudian anda Test (jika ada keterangan USB 2.0 maka anda instal driver 2.0 nya terlebih dahulu)
  • Pada PC komputer maupun laptop sendiri sekarang sudah menggunakan sistem Bios yang dinamakan UEFI yang sudah mendukung USB versi 3.0. Agar tidak ketinggalan jaman sebaiknya anda mengetahui dengan membaca artikel Apa Itu UEFI agar anda tidak kaget ketika membeli Laptop atau PC Komputer yang sudah menggunakan sistem terbaru.

Tips dan Trik Port USB Tidak terdeteksi disebabkan oleh virus

Sebenarnya ini kasus port usb yang paling membingungkan. Contohnya saat anda browsing hari ini kemudian esok harinya anda memakai Flashdisk USB anda namun yang biasa nya terdeteksi tiba tiba tidak mau terhubung dan tidak terkoneksi. Hal itu disebabkan ketika anda browsing anda mengunjungi halaman yang content nya tidak bagus dimata google atau ada script jahat didalam halaman browser yang menyerang sistem koneksi laptop dan komputer anda.


Ada beberapa cara Memperbaiki Port USB yang terkena virus antara lain :
  • Anda restart terlebih dahulu kemudian anda tekan F8 saat sistem memasuki proses ke windows
  • Kemudian anda pilih safe mode (tunggu sampai masuk windows dalam keadaan safe mode)
  • Setelah masuk windows anda akan disuguhan tampilan yang tidak biasanya itu dikarenakan sistem dalam keadaan safe mode
  • Kemudian anda klik kanan my computer kemudian pilih device manager
  • Yang saya beri kotak biru itulah adalah driver USB, jika benar usb port anda terkena virus akan ada tanda tanya 
  • Hilangkan semua yang dahulu dengan mendelete nya
  • Kemudian anda restart komputer anda
  • Tunggu sampai proses deteksi driver kembali normal
  • Kemudian anda Tes Flasdisk anda
  • Jika belum terhubung kemungkinannya komputer anda terkena virus trojan atau worm, solusinya anda update antivirus dan download sofware CC Cleaner dan jalankan aplikasinya (program tersebut bagus untuk menghilangkan jejak bekas browsing anda)
  • Selamat belajar

Adanya Listrik Statis pada Laptop dan PC Komputer Anda

Namun apabila kasus yang Anda alami berbeda, yaitu hanya ada satu atau beberapa port USB yang tidak terkoneksi dan yang lain masih ada yang terhubung, maka kemungkinan disebabkan oleh adanya listrik statis pada perangkat laptop Anda sehingga port USB tidak bisa mendeteksi perangkat.Untuk mengatasi hal ini, matikan terlebih dahulu laptop Anda. Lalu cabut semua perangkat listrik yang terhubung dengan laptop. Kemudian anda semprotkan 4WD kedalam port tersebut dan diamkan sejenak, kemudian Anda dapat menghidupkan laptop dan komputer PC Anda kembali.

Berbicara tentang listrik statis yang berasal dari komputer ada baiknya anda perbaiki. Hal tersebut harus anda lakukan karena untuk menjaga ketahanan komputer sekaligus agar menjadikan perangkat dalam komputer anda menjadi aman ketika ada petir yang tiba-tiba muncul disaat hujan. Jika anda tertarik untuk menghilangkan listrik  statis pada Komputer PC ada baiknya anda membaca artikel terkait yang saya berikan judul :

Demikian ulasan tentang Tips dan trik cara mengatasi dan memperbaiki port usb yang bermasalah pada laptop dan komputer yang tidak terdeteksi atau berfungsi. Semoga dapat bermanfaat, kritik dan saran di kolom komentar. terima kasih

2 komentar

tapi masalahnya kan keyboerd tidak berfungsi, gimana nekannya ?

Jika keyboard tidak berfungsi permasalahan bukan pada port usb sesuai tema artikel diatas. Tetapi memang keyboardnya mengalami masalah. Jika perangkat mas nasier Laptop maka biasanya sistem akan memberitahu, namun jika PC cobalah keyboard tersebut pada perangkat lainnya sebelum membeli yang baru. Thanks to your comment pada artikel cara memperbaiki port usb laptop dan komputer

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon