logo blog

6 Mei 2016

Cara Membuat Password Supaya Tidak Mudah di Hack

Bagaimana Cara Membuat Password Yang Kuat


Aksi peretasan yang dilakukan oleh beberapa orang atau negara terhadap pengguna internet, mengharuskan kita harus membuat password yang tidak mudah di hack atau di bobol. Oknum peretas yang menamakan dirinya itu sebut saja cracker atau hacker menyerang banyak website, akun media sosial, email bahkan data kartu kredit orang Indonesia dan negara lainnya. Bagaimana mereka bisa dengan mudahnya meretas banyak akun itu hanya dalam tempo hitungan hari. Jawaban yang paling sederhana adalah akun-akun tersebut tidak dilengkapi dengan password yang cukup kuat dari serangan hacker.


Supaya Tidak Mudah di Hack
Oknum peretas yang menamakan dirinya itu sebut saja cracker atau hacker menyerang banyak website, akun media sosial, email bahkan data kartu kredit


Maka dari itu, bagi semua orang yang menggunakan media dunia maya seperti email, blog, akun dan sosial media, solusi menggunakan password yang kuat adalah sebuah keharusan. Perlindungan terhadap akun sosial media harus anda perketat. Bila kita tidak ingin hal yang buruk terjadi menghampiri kita. Baik itu dari orang yang sekedar iseng ataupun yang memang berniat jahat. Yang bisa merugikan kita, baik dari segi sosial maupun materi. Bayangkan jika saja akun anda di retas, membuat status se enaknya yang membuat kita yang punya akun disalahkan, tiba tiba tagihan kartu kredit membengkak dan lainya.

Bagaimana cara membuat kata sandi sehingga dapat dikatakan kuat dan aman ? Biasanya ketika anda mendaftar akun media sosial terdapat panel yang menunjukkan tingkat kekuatan dari kata sandi anda. Panel tersebut hanya mengidentifikasi kekuatan dari segi jumlah, angka dan variasi karakter password. Tapi, menurut saya karakter yang panjang saja belum dapat dikatakan sebagai password yang kuat untuk melindungi akun anda.

Ada beberapa tips ampuh dan mudah dalam membuat kata sandi yang lebih sulit untuk di bobol oleh peretas :



Usahakan Jangan Menggunakan Kata yang Mudah Di tebak

Hal yang paling tidak diperhatikan oleh pengguna media sosial adalah penggunaan kata-kata umum dan mudah ditebak seperti nama anda,  atau angka 123456789, tanggal lahir, qwerty123 dan lainnya. Termasuk kata-kata yang terdapat dalam kamus sebaiknya anda hindari, bila sudah terlanjur secepatnya anda ganti baru passwordnya. Sebelum anda menjadi korban peretasan selanjutnya. Password anda juga usahakan jangan mengandung nama, username dan data diri yang anda miliki.

Sudah umum mayoritas pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter ter kesan asal dalam mengatur password mereka. Namun alangkah baiknya bila mengamankan akun media sosial daripada dimasuki orang lain dan menulis hal tidak jelas dengan akun anda.



Gunakanlah Karakter dan Simbol Unik Dalam Password Anda

Dengan Simbol yang unik juga terbukti ampuh dalam memperkuat password Anda. Namun, lain halnya bila anda termasuk orang yang suka lupa password, tidak usah masukkan banyak simbol dalam password. Cukup satu sampai tiga simbol unik yang anda masukkan. Paling tidak ada satu simbol dalam deretan password anda.


Contoh password yang kuat dan mudah diingat : (d3ret^n) dibaca (deretan) dimana tanda kurung dipakai juga, jadi anda pasti ingat tanda kurung buka ketika saat login. Perlu di ingat lagi panjang password tidak menandakan itu kuat selama itu kata baku dalam kamus. Atau contoh lainnya s^tu=t1gA dan banyak lagi. Atau kalian bisa juga ikut contoh statusnya anak alay pasti bahasa nya seperti diatas.



Ganti Password Minimal 3 bulan sekali

Hal ini bisa dilakukan jika ada hal pemberitahuan dari media sosial ke email bahwa ada yang mencoba masuk ke akun anda. Tapi jangan khawatir jika sudah terverifikasi no telepon saya rasa keamanan akun anda tetap terjaga, kecuali handphone anda hilang.



Buatlah Kata Sandi yang Berbeda Pada Setiap Akun

Dalam kebanyakan kasus jika akun facebook misalnya berhasil di bobol, karena penasaran, peretas pun mencoba membobol akun Twitter dengan password yang sama.  Maka hanya perlu mengetahui emailnya, dalam hitungan menit akun twitternya juga pasti di retas. Mungkin anda bisa bayangkan bila akun-akun penting lainnya juga menggunakan password yang sama. Berapa banyak akun yang bisa dibobolnya, Seperti itulah logikanya efek menggunakan sandi yang sama untuk banyak akun.

Demikian beberapa tips informasi mengenai membuat password yang tidakmudah di hack. Semoga menambah wawasan anda terhadap keamanan di dunia maya yang sekarang semakin meresahkan. Semoga bermanfaat ! 



Baca Juga Cara Mengatasi Komputer Yang Terkena Virus
Bagikan jika ini bermanfaat !

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon