logo blog

29 Mei 2016

Cara Membuat Meta Tag SEO Blog Lengkap

Panduan Membuat Heading Tag dalam Blog

Ralabuma | Memaksimalkan SEO dengan membuat Meta Tag dalam platform blogspot bagi pemula sebenarnya sangat mudah dimengerti. Dalam dunia blogger isi artikel tidak perlu banyak menggunakan kata kunci atau keyword. Dengan menggunakan fasiltas seperti Heading, Subheading, Minor Heading dan Normal. Ditambah lagi dengan penempatan kata kunci dalam gambar seperti alt title, alt text dan add caption. Dalam artikel ini bagaimana saya akan merangkum semuanya itu, mudah-mudahan tidak ada yang terlewat.
  • Heading Tag H1 (Menjadi URL Halaman dan Menjadi Tag H2 Judul di Postingan)
  • Subheading Tag H2
  • Minor Heading Tag H3
  • Normal Tag H4 
  • Sedangkan dengan menggunakan teks ukuran kecil disebut Tag H5 dan Tag H6, contohnya jika halaman anda memiliki Footer
Cara Membuat Meta Tag SEO Blog Lengkap
Dalam membuat Meta Tag yang SEO dalam artikel dimana Heading Tag h1 menjadi judul artikel saat di halaman pertama blog anda dan judul postingan artikel menjadi Tag h1 saat berada dalam halaman artikel.



Pengertian Tag Heading Pada Artikel anda

Pada banyak template SEO  friendly sekarang sebenarnya itu sudah otomatis, dulu Heading Tag h1 harus ada 1 (satu) dalam artikel. Dalam membuat Meta Tag yang SEO dalam artikel dimana Heading Tag h1 menjadi judul artikel saat di halaman pertama blog anda dan judul postingan artikel menjadi Tag h1 saat berada dalam halaman artikel. Untuk melihat Tag h1 dan lainnya anda bisa baca dalam artikel sebelumnya bagaimana melihat data terstruktur blog.

Saat anda membuat judul meta tag dalam kolom entri postingan, judul tersebut akan menjadi link URL halaman anda, ada yang bersifat otomatis atau membuatnya secara permalink dalam pengertian permanen. Contoh jika anda membuat judul yang panjang "membuat-meta-tag seo-blog lengkap" tapi yang tampil otomatis di potong oleh blogspot secara otomatis menjadi "membuat-meta-tag-blog" sedangkan tulisan "lengkap" nya tidak ada. Namun jika anda membuatnya secara permalink maka anda cukup menambahkan kata tersebut.



Tag Heading H2 Menjadi Judul Postingan

Judul Postingan bisa di awal sebelum paragraf atau sesudah paragraf pertama. Untuk Tag H2 ini sebenarnya tidak boleh lebih dari delapan judul, minimal memiliki 8 judul dalam 1 halaman depan anda, dalam pengertian jika dalam halaman anda memiliki 8 postingan ditampilkan di halaman depan, maka anda blog anda memiliki 8 tag h2. 

Namun algoritma google sekarang ini sudah tidak memperdulikan berapa pun tag h2 yang anda miliki. Sedangkan untuk aplikasi seperti chkme, seocheckup masih menganjurkan untuk tidak memiliki h2 terlalu banyak. Tergantung anda menanggapi hal ini harus seperti apa silahkan.



Tag Heading H3 Dalam Postingan

Tag H3 bisa anda buat sebanyak-banyaknya, jika artikel anda panjang maka sudah sewajarnya harus memakai H3. Setelah anda membuat judul postingan dengan Tag H2 maka sebagai subjudul akan otomatis menjadi H3 jika anda memilih minor heading, minor heading hampir sama dengan anda membuat huruf Bold. Tapi minor heading ini anda tak perlu membuat bold secara manual tapi sudah secara otomatis.

Dengan mempelajari tag heading diatas maka anda secara tidak langsung sudah belajar SEO secara otomatis. Terlepas saat ini algoritma google telah berubah dengan tidak memperdulikan lagi anda memakai meta tag atau tidak yang jelas dalam penulisan artikel harus lah jelas supaya pembaca tahu mana judul dan mana sub judul.

Baca Juga :


Dan perlu anda ketahui bahwa saat ini pun untuk Page Rank (PR), Page Analisis (PA) dan Domain Authority bukan jaminan sebuah blog menjadi Page one di SERP. Tapi sekarang jamannya Trust Rank Checker, dimana google spider merayapi konten konten berkualitas dan menampilkannya di Pageone.

Jadi kesimpulannya  "konten adalah raja" jadi perlukah anda belajar SEO dengan melakukan riset kesana kemari dan menghabiskan waktu anda. Saya kembalikan kepada hak anda untuk memilih. Demikian ulasan tentang cara membuat meta tag lengkap baik itu dalam judul halaman blog atau dalam postingan untuk menjadikan blog anda lebih SEO. Bagikan jika ini bermanfaat untuk yang lainnya. Terima Kasih  

4 komentar

jujur, kadang subheading saya jadikan heading juga kalau itu kontenny besar. tapi secara umum sih saya negdukung kayak artikel ini

ya, saya juga kadang melakukan kayak yang dilakukan mas siswanto. eh mas apa mbak ya?

iya mas/mbak/akang siswanto , saya sendiri kadang melakukan eksperimen dengan yang namanya mbah heading ini

gak pegel kang melirik ke kanan mlulu hihi

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon