logo blog

19 Mei 2016

Bagaimana Cara Melihat Data Terstruktur Blog Terkini

Pentingnya Melihat Schema Data Blog Yang Terstruktur

Kurangnya pengetahuan melihat data blog yang terstruktur bagi pemula dan yang belum paham apa itu schema membuat para pemula sulit bersaing dengan para senior. Dalam melihat dan membuat data terstruktur saya sendiri mempelajari hal ini bukanlah dengan waktu yang singkat. Kesalahan pada struktur blog anda mempengaruhi kinerja spider google saat melakukan perayapan. Saya mengorbankan salah satu blog hanya untuk ber eksperimen dan alhamdulillah semua berjalan sesuai harapan saya. 


Bagaimana Cara Melihat Data Terstruktur Blog Terkini

Kesalahan Struktur Data Penyebab Malas Posting Artikel

Saya yakin salah satu penyebab para pemula malas atau kurang semangat karena mereka tidak mengetahui apakah blog nya sudah terstruktur atau belum ? kurangnya pengetahuan tentang itu kadang anda merasa pesimis duluan. Kadang anda berfikir, percuma menulis artikel bagus tapi saya tidak tahu apakah artikel saya bisa bersaing atau tidak ! Namun perbedaannya semangat akan muncul kembali jika anda mengetahui bahwa blog anda sudah terstruktur dah sudah siap bersaing dengan para senior dan kompetitor lainnya.


Melihat Schema Data Blog Yang Terstruktur


Memang saat ini google tidak lagi memperhatikan tag heading dan kata kunci, terlepas itu hanya pernyataan atau bukan, toh logika nya sampai saat ini jika kita membuat skripsi semua harus jelas mulai dari judul, daftar isi, teks dan lainnya. Penyebab error struktur data blog anda kadang dari template itu sendiri, lain halnya dengan memakai template bawaan platform blogspot itu sendiri.

Melihat Struktur Data Blog Dengan Mozbar

Pluggin Tool ini sangat berguna sekali, dan banyak digunakan para senior khususnya. Mulai dari Nama Blog sampai Page Analisis sudah include didalamnya, bagusnya lagi pluggin ini free. 

Contoh gambar blog terstruktur saya  jika anda berada di Halaman HOME Page anda :


Melihat Struktur Data Blog Dengan Mozbar

Disini saya akan coba jelaskan satu persatu untuk tag heading halaman home page :


  • URL adalah alamat blog atau website anda (saya anggap anda sudah tahu)
  • Page Title adalah Judul mengenai blog anda dan secara tidak langsung google mengetahui isi dari blog serta yang akan menentukan iklan mana yang tepat dan akan dipasang untuk blog anda. Untuk Page Title sendiri kurang lebih memiliki 140 karakter, rekomendasi saya 60 karakter saja, karena jika kepanjangan tidak bagus juga untuk SEO
  • Meta Descriptions pengertiannya adalah deskripsi tentang blog anda atau bisa dibilang rangkuman mengenai blog anda dan harus relevan (berhubungan) dengan Page Title (No 2).
    • Meta Keyword adalah dimana anda memasang kata kunci khusus untuk blog anda (saat ini kata kunci sudah tidak dipakai, jadi anda mau acuhkan atau dipasang juga tidak masalah, dengan catatan jangan terlalu padat menggunakan kata kunci, nanti bisa di anggap spam oleh google
    • H1 adalah sebuah tag heading judul Page Title Blog (seperti gambar diatas) dan Judul Postingan (lihat gambar dibawah). Perlu di ingat tag H1 hanya ada satu (tidak mungkin ada 2 judul)
    • H2 adalah tag heading dimana Tanggal, Judul Postingan, dan Widget anda 
    • Bold Strong adalah bentuk teks dimana biasanya untuk menandai kata kunci atau sub heading
    • Italic adalah dimana bentuk teks anda miringkan supaya pembaca mengerti tentang arah artikel anda juga bisa digunakan untuk menandai kata kunci
    • Alt Text ini sangat penting dan ada dalam gambar yang setiap anda posting, cara bagaimana membuat nya ? Baca Artikel dibawah ini :

    Sekarang kita lihat gambar hasil data terstruktur jika berada pada Halaman Artikel Blog saya :


    Melihat Data Terstruktur Judul Postingan

    Lihat perbedaanya :
    • URL secara otomatis atau dibuat permanent membuat alamat URL blog anda
    • Page Title dimana berubah menjadi judul postingan
    • Meta Descriptions sudah saya jelaskan diartikel sebelumnya
    • Meta Keyword lihat keterangan gambar pertama
    • H1 menjadi judul URL postingan blog anda
    • H2 dimana judul kolom postingan (sub heading) ada disini. Menjelaskan secara rinci Tanggal dibuat dan artikel berada pada widget tertentu, serta menyarankan pengunjung untuk berkomentar. 
    • Bold Strong dan Italic anda bisa lihat berapa banyak yang saya bold pada artikel ini
    Kesimpulan dari artikel ini adalah bagaimana memaksimalkan atau meminimalisir kesalahan error data terstruktur blog anda yaitu dengan cara membuat data blog terstruktur dan memiliki schema yang tepat agar pengunjung melihat secara langsung akan isi dan tentang blog anda. Saran dan kritik di kolom komentar. Terima kasih  

    2 komentar

    apa nama template blog-nya mas

    silahkan ke webnya bung frangki banyak template ringan dan seo disana.

    Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
    EmoticonEmoticon