logo blog

21 April 2016

Cara Memilih Jenis Kabel Kamera CCTV

Ralabuma | Pada banyak kasus keluhan pelanggan tentang kamera CCTV yang tiba tiba hilang dilayar, dan lagi banyak berbagai faktor salah satunya adalah dalam hal cara memilih jenis kabel yang kami rekomendasikan. Salah dalam memilih jenis kabel mengakibatkan tidak maksimalnya hasil atau instalasi menjadi sedikit mengalami hambatan. 


Cara Memilih Jenis Kabel Kamera CCTV
Tips Memilih Kabel Kamera CCTV
Berikut penjelasan atau panduan mengenai jenis kabel kamera cctv yang umum dipergunakan, ada beberapa macam jenis yang kami rekomendasikan seperti :


1) Kabel Kamera CCTV 3 Jalur, Kabel Coaxial, dan Kabel Coaxial + Kabel Power 

  • Kabel cctv 3 jalur sangat praktis, dikarenakan kabel terdiri dari jalur VIDEO, AUDIO serta ADAPTOR/POWER, terlebih lagi, konektor juga sudah dapat terpasang langsung. 
  • Jalur VIDEO yang sudah berkonektor RCA, jika camera maupun perlengkapan menggunakan konektor BNC, cukup tambahkan konektor BNC-RCA (BNC male - RCA female).
  • Jalur AUDIO yang berkonektor RCA (tentunya sudah umum, dan tidak memerlukan tambahan konektor lagi).
  • Jalur ADAPTOR/POWER yang sudah berkonektor DC, dikedua ujung kabel ini berbeda konektor DC nya, utk konektor DC female dicolokan langsung ke Adaptor, dan konektor DC male dicolokan langsung ke camera, sehingga adaptor tidak perlu berada didekat camera. 
Tips Memilih Jenis Kabel Kamera CCTV
Jenis Kabel Kamera CCTV 3 Jalur


Selain karena hal praktis tadi, kabel ini juga sudah cukup bagus dipakai, asalkan digunakan pada jarak yg tidak terlalu jauh (disarankan tidak melebihi 40 meter, diatas itu dikuatirkan menimbulkan noise pada gambar). 


Satu hal yg perlu diperhatikan jika ingin menggunakan kabel cctv 3 jalur adalah, harus menentukan panjang kabel yg akan dipakai terlebih dahulu. Mengapa demikian? karena kabel ini sudah tersedia dalam beberapa ukuran panjang yg kemasannya sudah jadi dari pabrikan, tinggal memilih saja dari ukuran panjang yg tersedia (10 sampai dengan 40 meter). 


Sangat praktis, namun harus mengetahui panjang kabel yg akan digunakan sebelumnya. Jika melebihi anda bisa membeli kabel 3 jalur tanpa konektor dengan begitu anda bisa menyesuaikan dengan jarak yang akan dipakai.


2) Jenis Kabel Kamera Coaxial, Single Line  (1 jalur untuk VIDEO)

Kabel jenis ini baik digunakan untuk jarak yg jauh sekalipun, namun dikarenakan hanya 1 line VIDEO saja, maka jika memerlukan AUDIO harus melakukan 2 kali penarikan kabel. Dan jika tidak ingin power adaptor berada didekat camera, maka harus melakukan penarikan kabel power. Terlebih lagi, kabel ini belum berkonektor, sehingga harus memasang konektor nya terlebih dahulu sebelum bisa dipergunakan. 


Panduan Memilih Jenis Kabel Kamera CCTV
Kabel Kamera CCTV Single Line (1 Jalur)
Dengan kabel ini anda tidak terlalu perlu mengetahui secara detail panjang jalur kabel, tersedia panjang 100 dan 300 meter setiap roll nya. Sayangnya anda harus membuat tempat adaptor didekat kamera, jika ingin bersanding dengan DVR anda harus menarik kembali khusus kabel untuk power.


3) Kabel Coaxial + Power Cable, kabel terdiri dari jalur VIDEO dan ADAPTOR/POWER

Power Cable yang berada secara terpisah dan diluar kabel inti VIDEO, namun tetap menempel dan menjadi satu-kesatuan. Kabel jenis ini baik digunakan jika memiliki jarak yang jauh sekalipun, namun dikarenakan hanya 1 line VIDEO saja, maka jika ingin menggunakan AUDIO harus melakukan 2 kali penarikan kabel (sangat disayangkan jika melakukan 2 kali penarikan kabel, maka kabel power yg satunya tidak digunakan). Namun dari banyak kasus untuk audio jarang digunakan jika pada perumahan.  


Cara Menggunakan Kabel Kamera CCTV
Kabel Kamera CCTV untuk yang cocok untuk Jarak Jauh
Dengan ada nya power cable, Adaptor tidak perlu berada didekat camera, cukup menambahkan konektor DC, atau langsung menyambungnya dengan kabel adaptor bawaan dari camera. Kabel ini belum berkonektor, sehingga harus memasang konektor nya terlebih dahulu sebelum bisa dipergunakan. Dengan kabel ini tidak terlalu perlu mengetahui secara detail panjang jalur kabel, saat ini tersedia panjang 300 meter per roll nya.
Baca juga : Penyebab apa saja yang mengakibatkan kamera CCTV anda Rusak 
Demikian sekilas info tentang cara memilih jenis kabel kamera cctv. Tips dari kami jika anda akan membeli kabel yang panjang sebaiknya anda periksa menggunakan avo meter terlebih dahulu dari ujung ke ujung lainnya untuk memastikan bahwa kabel tersebut tidak terputus ditengah jalan. Semoga dapat membantu anda, jika kurang jelas dapat menghubungi kami lebih lanjut ! Terima kasih

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon