logo blog

25 April 2016

Cara Memilih Perlengkapan Kamera CCTV

Ralabuma | Memilih perlengkapan kamera CCTV memang harus diperhatikan supaya kita tidak membeli produk yang asal-asalan. Terutama cara instalasi yang akan memudahkan pemasangan serta mendapat kualitas video yang di inginkan. Berikut beberapa tips untuk memilih perlengkapan yang harus anda perhatikan :

Cara Memilih Perlengkapan Kamera CCTV
Tips dan Triks Cara Memilih Kamera CCTV

1) Quad Processor atau Multiplexer.

Alat ini hanya untuk menampilkan beberapa kamera CCTV yang dihubungkan dengan pesawat TV biasa, tampilan dilayar akan terbagi mengikuti tipe dari Quad Processor atau Multiplexer tersebut.

Misalnya Quad Processor (multiplexer) 4 channel, berarti dapat menampilkan max 4 camera sekaligus pada layar yang akan terbagi menjadi 4 bagian, jika 8 channel menjadi 8 bagian, dan yang 16 channel akan menjadi 16 bagian. 

Quad Processor atau Multiplexer bukan merupakan alat perekam, jika anda tambahkan Harddisk pun tidak akan bisa merekam. Jika ingin memilih Quad Processor atau Multiplexer pastikan dikemudian hari tetap tidak ingin merekam cctv camera, karena nantinya jika ingin mengganti Quad Processor atau Multiplexer tersebut dengan alat rekam.

Pada Umumnya Quad Processor atau Multiplexer tidak dipakai lagi, karena bisa dibilang didalam alat rekam yg berupa DVR standalone, DVR Card & USB DVR sudah terdapat Quad Processor atau Multiplexer, sehingga tampilan dilayar sudah terbagi menjadi beberapa bagian.

2) DVR Card dan USB DVR

Fungsi dari kedua item ini merupakan alat rekam yang membutuhkan komputer atau PC Base, hasil rekaman akan langsung tersimpan pada Harddisk internal komputer. Namun saya akan tegaskan disini, bahwa DVR Card dan USB DVR adalah solusi murah untuk dapat merekam video yang berasal dari kamera CCTV.

Perlu di ingat bahwa asumsi kami pada setiap pembeli DVR Card dan USB DVR telah mengerti bagaimana cara instalasi dan juga mengerti pengoperasian komputer, dan komputer yang digunakan harus compatible dengan DVR Card dan USB DVR yang anda beli dari kami. Pertanyaan seputar cara instalasi, cara setting dan sebagainya bukan merupakan tanggung jawab kami, hal itu tentunya akan terjawab dengan sendirinya pada panduan manual yang disertakan dalam CD yang disertakan pada saat anda melakukan pembelian DVR Card dan USB DVR tersebut. 

Pada Box produk yang diberikan terdapat Driver instalasi, Aplikasi atau software dan buku Manual atau panduan. Ada beberapa DVR Card yg tidak dapat membuka aplikasi lainnya jika telah masuk kedalam aplikasi dari DVR Card tersebut, namun ada juga yang tetap dapat membuka aplikasi lainnya, silahkan anda lihat pada keterangan yg diberikan pada masing-masing DVR Card, karena setiap buku manual isinya berbeda.

3) Mesin DVR Standalone

DVR Standalone merupakan mesin perekam camera yg dapat berdiri sendiri (standalone) dan tidak membutuhkan komputer, namun ada yg dapat dihubungkan ke komputer sehingga penggunaan DVR standalone menjadi maksimal, dalam DVR standalone terdapat Harddisk untuk menampung hasil rekaman, semua DVR standalone yg tersedia belum dilengkapi Harddisk, karena barang tersebut dijual secara terpisah.

Pengoperasian pada mesin ini cukup mudah, seperti layaknya menggunakan DVD Player, jika anda baru mengetahui atau awam mengenai instalasi maupun seluk beluk komputer, mungkin mesin perekam DVR standalone ini merupakan pilihan atau solusi yang tepat.

Perekam kamera DVR standalone ada yang benar-benar tidak memerlukan komputer, ada yg dilengkapi USB sehingga dapat mem-backup data yang sudah tersimpan pada Harddisk DVR ke Harddisk komputer, dan telah dilengkapi dengan Port LAN dengan konektor RJ 45 yg dapat mem-backup data maupun dapat dihubungkan ke komputer melalui kabel jaringan LAN (Local Area Network) bahkan internet via WIFI, komputer hanya digunakan untuk memaksimalkan sumber daya atau pelengkap yang terdapat pada DVR standalone.

4) Ruang Penyimpan Rekaman

Untuk waktu lamanya merekam ditentukan oleh kapasitas hardisk yang digunakan, untuk kapasitas hardisk yang memiliki kapasitas sebesar 500 GB akan merekam kurang lebih selama 1 minggu dengan menggunakan 3-4 kamera CCTV. sedangkan ketika tidak ada kejadian maka data hasil rekaman secara otomatis akan hilang dan diganti dengan hasil rekaman terbaru secara otomatis.

5) Perbedaan Kamera Indoor dan Outdoor

Anda harus pastikan terlebih dahulu untuk penggunaan kamera CCTV yang berada pada luar ruangan (outdoor) atau pemakaian untuk didalam ruangan (indoor)


Kamera CCTV Outdoor 
  • Jika kamera CCTV anda gunakan untuk diluar ruangan atau outdoor, pilih camera CCTV yang khusus untuk digunakan diruangan outdoor saja. Perbedaan dari camera indoor adalah bahwa camera outdoor akan lebih mampu mereduksi cahaya matahari dan memiliki jumlah lampu LED infrared yang dipakai lebih banyak dibanding dengan kamera CCTV indoor. 
  • Semua camera outdoor yg tersedia sudah weatherproof (anti air) dengan sertifikat IP66 atau IP67 dan dilengkapi Pelindung utk menahan sinar matahari maupun air hujan atau biasa disebut camera canopy, dan anda tidak perlu membeli housing lagi.

Kamera CCTV 
Indoor 

Jika hanya dipakai untuk didalam ruangan (indoor ), pilihannya menjadi semakin banyak, sebagian besar produk kamera yang tersedia digunakan untuk indoor atau dalam ruangan. 

  • Sesuaikan dengan model camera cctv yang anda inginkan dan letak penempatannya, apakah itu menempel pada plafon, tembok atau dinding, disembunyikan atau tersamar dengan produk lain misalnya camera detector asap atau hidden camera.
  • Pada kamera indoor  juga telah dilengkapi dengan infrared yg berguna untuk memantau pada ruangan gelap atau saat malam tiba, namun jika ruang atau area yg dipantau memiliki penerangan setiap saat, sebaiknya anda cukup memilih yg non infrared saja. Namun untuk perkembangan saat ini, semua kamera outdoor sudah menggunakan infrared, dan sudah memiliki teknologi ICR (IR CUT Filter) yang artinya jika gelap sama sekali tidak ada cahaya atau hanya ada sedikit cahaya lampu, camera yang memilki teknologi ICR akan otomatis merubah warna gambar video yang dihasilkan akan menjadi hitam putih terang.
Baca Juga : Cara Memilih Jenis Kabel untuk Kamera CCTV
Demikian ulasan panduan cara memilih kamera CCTV yang indoor maupun outdoor sebelum anda membeli perlengkapan tersebut. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon