logo blog

18 April 2016

Berapa Google Membayar Pemilik Website

Perhitungan bagi hasil antara Google dan pemilik website atau blog

Ada yang mempertanyakan bagaimana perhitungan hasil dari iklan adsense dari iklan yang tampil di website kita dan mendapat klik iklan. Jika dijelaskan secara terperinci mungkin bagi kalian terlalu panjang, disini saya akan menjelaskan secara terperinci tapi sudah saya rangkum sedemikian rupa supaya mudah di mengerti kalian. Ada 2 type akun dalam adsense yaitu Akun Hosted dan Akun Non Hosted, jika kalian belum mengerti apa itu hosted dan non hosted kalian cari saja di website ini.

Bagi hasil google adsense
Nilai yang akan dibayar oleh pengiklan dibagi dua oleh Google, 68% untuk publisher Adsense for content, dan 51% untuk Adsense penelusuran

Lalu berapa sih Adsense membayar kita pemilik website ?

Jika kita masuk ke dashboard adsense jelas sudah disana tertera bahwa dalam keterangan nya kita dibayar sebesar 68% For Conten dan 51% untuk penelusuran. Ada yang mengatakan bahwa hosted akun mendapat 68% - 32% dan akun non hosted 100% hasilnya milik kita semua. .

Setelah saya mendapat penjelasan dari para pakarnya bagaimana sesungguhnya sistem pembagian pendapatan Adsense antara pihak Google dan publisher (pemilik website). 


Lalu apakah ada perbedaan antara akun hosted dan non-hosted ?

Coba kalian buka adsense kalian, pada dashboard anda tertera program-program aktif google adsense seperti contohnya :
Content : Program Adsense untuk memonetisasi konten situs web milik anda sendiri.
Content host : Program Adsense untuk konten yang anda host pada pihak ketiga.
Mobile content : Program Adsense untuk memonetisasi konten mobile (admob).
Penelusuran : Program Adsense untuk memonetisasi Google Custom Search.
Survey Konsumen Google : Program Adsense untuk produk survey Google di konten milik anda.
Pada kebanyakan website atau blog biasanya hanya menggunakan 2 (dua) produk saja, yaitu Adsense for content dan Adsense for search. Dalam hal ini jelas sudah pada dashbor tertulis, bagi hasil untuk publisher (penayang iklan) adalah sebesar 68% untuk Content, dan 51% untuk Penelusuran. Jadi, jelas sudah persentase bagi hasil dari Adsense, dan angka ini tidak terpengaruh dengan bedanya akun hosted maupun akun non Hosted.

Bagaimana perhitungan bahwa kita mendapat 68% ?

  • Setiap pengunjung klik iklan ada nilai yang harus dibayar oleh pengiklan. 
  • Nilai yang akan dibayar oleh pengiklan dibagi dua oleh Google, 68% untuk publisher Adsense for content, dan 51% untuk Adsense penelusuran. (Adword)
  • Hasil yang tertera pada halaman report Adsense 68%, itu sudah murni hasil kalian yang dibayarkan oleh Google.

Terus bagaimana untuk akun hosted?

Sebelumnya kalian harus tahu dulu apa sih akun hosted itu. Akun hosted adalah akun yang kita dapat dengan cara mengajukan konten milik kita yang di-host di situs mitra-host Adsense (ibaratnya kalian tidak punya rumah jadi solusinya harus kontrak) seperti itu ibaratnya. Jadi kekurangan utama dari akun hosted, adalah bahwa akun hosted hanya dapat digunakan untuk memonetisasi konten yang ada di situs tempat kita mendaftar seperti Blogspot dan Youtube.

Jadi apakah kesimpulan beda pembagian antara hosted dan non-hosted? Jika yang dimaksud adalah angka persentase 68% untuk content atau 51% untuk penelusuran di atas, maka bisa sampaikan tidak ada hubungannya baik akun hosted atau non-hosted. 


Perlu di ketahui situs mitra-host Adsense sebenarnya juga menjalankan program yang sama, yaitu Adsense for content. Pembagiannya sama 68% dari total yang dibayar pengiklan untuk penayang, sisanya diambil oleh Google. Karena kalian numpang alias kontrak rumah pada server mereka guna menaruh konten Anda untuk dimonetisasi, maka bisa dibilang wajar saja pihak mitra-host Adsense meminta bagian. 

Berapa besaran pembagiannya ? Tergantung yang punya pemilik situs mitra-host bersangkutan, biasanya sih mulai dari 60% – 90%.
Hal lainnya Cara Mendaftar Adsense
Lalu bagaimana dengan Blogger dan Youtube ? Blogger dan Youtube termasuk situs mitra-host Adsense. Karena keduanya juga merupakan milik Google sendiri, jangan khawatir mereka tidak meminta pembagian hasil dari konten kalian. Ini bisa anda lihat di halaman dashboard Akses pada pihak ketiga pada dashboard Adsense kalian.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon